Pemkab Paluta Akan Bangun “Showroom” IKM

Paluta, Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melalui Disperindag Paluta berencana membuka gedung showroom untuk hasil-hasil kerajinan para pelaku IKM di Paluta.

Lokasi gedung tersebut berada di depan kantor Disperindag Paluta tepatnya di Jalan Lintas Gunung Tua-Padangsidimpuan, Desa Sigama, sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan pengenalan produk kepada khalayak ramai.

Hal tersebut terungkap saat rapat kordinasi Disperindag, Dinas Tenaga Kerja bersama para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) diwilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) di aula Kantor Bupati Paluta, Kamis (7/5).

Rapat koordinasi dibuka langsung oleh Plt Kepala Disperindag Paluta Hamdan Sukri Siregar SSos MM dan dihadiri Plt Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Amsal Qori sebagai mitra pengembangan IKM di wilayah Paluta.

Menurut Plt Kepala Disperindag Paluta Hamdan Sukri Siregar SSos Hamdan Sukri Siregar, kegiatan IKM yang ada di Paluta dapat di selaraskan, nantinya seluruh IKM tersebut akan di kelompokkan sesuai dengan klasifikasi dan jenis masing-masing dengan tujuan agar lebih mudah menanganinya dalam hal pembinaan dan pengembangannya sesuai dengan bidang masing-masing.

Selain itu, rapat koordinasi ini juga bertujuan untuk menyesuaikan data IKM yang memang aktif dan masih berjalan hingga saat ini, agar pihak Pemkab Paluta dalam hal ini Disperindag dan Dinas Sosnakertrans serta Dinas Koperasi dan UKM Paluta dapat melakukan pembinaan untuk peningkatan usahanya.

Baca Juga :  Di Padangsidimpuan, IMB Dipalsukan dan RUKO Diubah Jadi Hotel

Masih menurut Hamdan, Disperindag Paluta sebagai ujung tombak pengembangan IKM di Paluta juga menyelaraskan data IKM yang ada dengan Dinas Sosnakertrans Paluta dan Dinas Koperasi dan UKM Paluta yang juga merupakan salah satu pihak yang berkompeten dalam hal pengembangan IKM agar nantinya tidak terjadi tumpang tindih data dalam hal pembinaan dan dapat bekerja sama dalam hal memajukan IKM tersebut.

Terpisah, salah seorang peserta yang merupakan pelaku IKM Hidayah Desa Sidingkat, Kecamatan Padang Bolak, Asrul Hidayat Rambe mengatakan sangat mengapresiasi langkah Pemkab Paluta dalam penyelarasan data IKM untuk peningkatan pengembangan ini.

Terkait pengadaan gedung showroom kerajinan tersebut, dirinya sangat mendukung, sebab nantinya hasil kerajinan mereka dapat dikenal oleh khalayak ramai sehingga berminat untuk membelinya dan pasti akan meningkatkan pemasaran produk untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi pelaku IKM di seluruh Paluta. (ong)


Analisa

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*