Pemkab Paluta Gelar Kemah Hijau Tahun 2014

(Analisa/tohong p harahap) Tanam Pohon: Plt Sekda Tongku Palit Hasibuan menanam pohon di halaman SMA Negeri 2 Padang Bolak, Desa Batu Tambun, Kecamatan Padang Bolak, Senin (9/6).

Paluta, Pemkab Padang Lawas Utara (Paluta) bekerjasama dengan Balai Lestari Lingkungan menggelar Kemah Hijau para siswa. Kemah dilaksanakan di halaman SMA Negeri 2 Padang Bolak, Desa Batutambun, Kecamatan Padang Bolak selama tiga hari sejak tanggal 9-11 Juni 2014 dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia tahun 2014.

Kemah diikuti puluhan siswa dari SD, SMP dan SMA se-Paluta ini untuk mengajak siswa dapat mengetahui berbagai macam pelatihan agar menjadikan sesuatu hal yang tidak berguna menjadi sesuatu yang berguna dan dapat menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Acara dibuka Plt Sekda Paluta Tongku Palit Hasibuan dihadiri Sekretaris Dishutbun M Zakir Daulay SHut, Kakan Lingkungan Hidup Maradoli Siregar, Kakan Satpol PP Ali Ja’far Harahap dan undangan lainnya.

Menurut Tongku Palit Hasibuan, kemah hijau ini dapat menjadikan para siswa bisa memanfaatkan bagaimana sampah tidak hanya menjadi suatu yang tidak berguna dan menjadi masalah baru melainkan menjadi sesuatu yang bernilai.

Sekda mengaku betapa pentingnya menjaga lingkungan hidup yaitu dengan cara mengawasi bahan berbahaya dan beracun, melakukan penilaian analisis mengenai dampak lingkungan untuk menanggulangi kasus pencemaran terhadap lingkungan serta pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon.

Baca Juga :  Masyarakat Sipirok Kampanye Anti Pt. Toba Pulp Lestari: Dishut Tapsel Dituding Sekongkol Malah Bungkam

“Kepedulian kita bersama dapat mencegah terjadinya pemanasan global,” ungkap Tongku Palit.

Sementara itu Irfan Harahap seorang peserta yang mengikuti perkemahan kemah mengaku antusias mengikuti kegiatan tersebut, sebab kegiatan ektrakurikuler yang berbau positif tentunya bisa menambah ilmu dan wawasan bagi peserta kemah Paluta 2014.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Sekda Tongku Palit Hasibuan didampingi Kakan Lingkungan Hidup Maradoli Siregar juga melakukan penanaman pohon di halaman SMA Negeri 2 Padang Bolak, Desa Batu Tambun, Kecamatan Padang Bolak.

Selain itu, Kemah hijau Paluta tahun 2014 juga menyelenggarakan berbagai perlombaan bagi tingkat SD, SMP dan SMA. Untuk tingkat SD memperlombakan lomba pengetahuan lingkungan hidup dan lomba melukis, tingkat SMP lomba pengetahuan lingkungan hidup dan lomba cipta dan baca puisi lingkungan hidup sedangkan untuk tingkat SMA memperlombakan cipta lagu lingkungan hidup. (ong)/ (Analisa).

 

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*