Pemkab Tapanuli Selatan Bakal Bangun SMK di Tiap Kecamatan

www.metrosiantar.com

smk bisa Pemkab Tapanuli Selatan Bakal Bangun SMK di Tiap Kecamatan TAPSEL-METRO; Bupati Tapanuli Selatan (Taspel) Ongku P Hasibuan akan membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di tiap kecamatan. Tujuannya, untuk membentuk anak didik yang siap pakai di sektor riil dan memiliki skill life (keterampilan untuk hidup).

“Pemkab Tapsel akan membangun dan memberdayakan serta memaksimalkan sejumlah SMK di beberapa kecamatan di Tapsel,” ungkap Ongku beberapa waktu lalu.

Ongku menambahkan, selama 5 tahun kepemimpinanya sudah ada beberapa SMK yang dibangun di beberapa kecamatan sesuai dengan potensi dan kompetensi yang ada di kecamatan dimaksud. Ongku juga berencana melanjutkan pembangunan SMK ini akan dibangun SMK di setiap kecamatan yang ada di Tapsel.

Sebab, lanjutnya, saat ini yang dibutuhkan adalah para lulusan yang benar-benar siap pakai dan mempunyai keahlian khusus untuk bisa langsung menerapkan ilmunya terutama untuk sektor riil.

“Selain yang sudah ada kita juga merencanakan membangun sekolah kejuruan tertentu untuk daerah tertentu sesuai dengan potensi dan kompetensi daerah itu sendiri. Jadi tidak ada yang sama SMK di setiap kecamanatan di Tapsel ini,” katanya.

Dikatakannya, saat ini di Tapsel telah dibangun SMK di antaranya Sekolah Kejuruan Teknik Industri di Kecamatan Batang Angkola, Sekolah Kejuruan Teknik Sipil dan Konstruksi di Kecamatan Batang Toru, Sekolah Kejuruan Perkebunan di Kecamatan Marancar, Sekolah Kejuruan Peternakan di Kecamatan Arse, Sekolah Kejuruan Industri Tekstil/Gerabah dan Sekolah Kejuruan Pariwisata di Sipirok, SMK tekhnik di Tantom, Sayurmatinggi yang masih sedang berjalan pembangunannya, dan Sekolah Pertanian di Padangmatinggi, Kota Psp dan lainnya.

Baca Juga :  SK Pencabutan Izin Sawit KP USU Dibatalkan

“Sekolah-sekolah ini sejalan dengan kompetensi dan potensi wilayah tersebut, misalnya Teknik Industri di Batang Angkola sejalan dengan industri logam yang ada di Desa Sipange atau Sekolah perkebunan di Kecamatan Marancar sejalan dengan luasnya perkebunan coklat serta Sawit di wilayah Kecamatan Marancar, Batang Toru dan Angkola Barat, tekstil ada tenun di Sipirok dan lain sebagainya,” terangnya.

Disebutkannya bahwa Pemkab Tapsel saat ini memanfaatkan bangunan dan sekolah yang sudah ada sebelumnya ditambah dengan merencanakan pembangunan yang baru di beberapa kecamatan di antaranya di Kecamatan Arse dan Kecamatan Sayurmatinggi.

“Sedangkan yang di Sipirok, Batang Angkola, Batang Toru sudah ada tinggal di sesuaikan saja sedangkan di Kecamatan Marancar kita ubah SMU menjadi SMK,” jelasnya.

Hal ini dikatakannya sejalan dengan sudah dibangunnya sentra industri yang sudah berjalan selama beberapa tahun belakangan ini seperti di antaranya sentra industri tenun di Sipirok, gerabah di Angkola Selatan, pengolahan besi di Sipange, sentra konveksi dan garmen di Sigalangan, anyaman di Aek Badak, pengolahan salak di Angkola Barat dan lain sebagainya. “Kita harapkan pada tahun-tahun mendatang ini akan dapat terus kita lanjutkan untuk makin kita tingkatkan,” pungkasnya. (phn)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Karena Tidak Memasukkan Putra-Putri Terbaik Bangsa - Pemerintah Resmi Stop Dana Timnas

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*