Pemkab Tapsel Siapkan Beasiswa Rp. 1 Miliar

TAPSEL – Dalam rangka merangsang kesungguhan generasi muda di Kabupaten Tapsel untuk mempersiapkan generasi handal dan siap pakai, Pemkab Tapsel mempersiapkan anggaran Rp1 miliar lebih beasiswa untuk siswa berprestasi dan ingin melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Kita akan lebih fokus pada program pembangunan di sektor pendidikan dan kesehatan pada tahun 2015 nanti, salah satunya kita menyiapkan anggaran Rp1 miliar lebih khusus untuk beasiswa bagi siswa berprestasi yang kuliah di PTN,” ujar Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH, Sabtu (20/12).

Dijelaskan, pemberian beasiswa tersebut langsung direalisasikan pada 2015 dan saat ini anggarannya sudah ditampung di APBD Tapsel. “Kami sudah mencantumkan anggarannya di APBD tahun 2015 dan akan segera direalisasikan,”ungkapnya.

Disampaikan, setiap siswa di wilayah tersebut mempunyai peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa itu. Dimana, syarat utama yang bersangkutan, siswa sekolah di Tapsel, dan orangtuanya merupakan warga Tapsel serta anak tersebut kuliah di PTN.

Adapun tujuan pemberian beasiswa itu sebut Syahrul, untuk memacu semangat belajar para siswa yang ada di Tapsel. Sehingga, ketika di perguruan tinggi, mareka mampu bersaing dengan siswa yang berasal dari daerah lain.

“Tidak ada tujuan lain, semuanya untuk memacu semangat mereka agar lebih giat belajar, karena masa depan Tapsel terletak di pundak generasi muda kita,”ujarnya.

Baca Juga :  900 Karyawan Tambang Emas Martabe Harus Dirumahkan - Kerugian PT Agincourt Resources Rp14 Miliar per Hari

Diutarakan, pada 2015, peningkatan sektor pembanguna dunia pendidikan menjadi salah satu tujuan utama untuk diwujudkan, sehingga akan semakin banyak program yang akan dibuat guna peningkatan mutu dan kualitas.

Sementara itu, Wakil Bupati Tapsel Aldinz Rapolo Siregar menyebutkan, syarat utama siswa penerima beasiswa tersebut harus berasal dari wilayah Tapsel. Selanjutnya, orang tua siswa calon penerima beasiswa juga harus berdomisili di Kabupaten Tapsel.

“Syarat utama, siswa harus sekolah di Tapsel dan orang tuanya juga harus mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Tapsel,” tuturnya.

Selain itu, siswa yang akan menerima beasiswa tersebut adalah siswa yang lulus di perguruan tinggi negeri, baik di luar daerah maupun di dalam daerah seperti di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan. “Syarat khusus lainnya, dia harus diterima di PTN bukan swasta,” tegasnya. Jumlah beasiswa yang akan diterima bagi siswa yang sudah lulus seleksi sebanyak Rp10 juta per siswa. (ran)

/METROSIANTAR.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

4 Komentar

  1. Informasi pendaftarannya masih kurang jelas pak/ibu, mohon berikan informasi pendaftaran yg lebih jelas lagi
    terimakasih !

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*