Pemko Diminta Pindahkan TPA Batu Bola

sampah Pemko Diminta Pindahkan TPA Batu Bola Sejumlah pihak meminta Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Pemko Psp) menyelesaikan masalah limbah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Batu Bola. Sebab, limbah TPA tersebut sudah sangat berbahaya dan mengancam kehidupan warga. Pemerintah pun diminta agar segera memindahkan TPA ini.

Kepada METRO, Rabu (30/3), pengamat sosial dan budaya, Arman Badrisyah Hasibuan didampingi Ketua Pekerja Sosial (Peksos), Baun Aritonang menjelaskan, limbah yang dihasilkan TPA Batu Bola sangat berbahaya karena tanpa ada pengolahan. “Pemerintah terfokus hanya pada persoalan limbah PT Virco saja. Memang limbah PT Virco berbahaya walaupun sudah melalui proses. Apalagi limbah dari TPA Batu Bola yang tanpa proses dan langsung dibuang ke sungai Batang Ayumi. Sementara sungai tersebut masih digunakan masyarakat untuk mandi, cuci dan kakus (MCK),” terang keduanya.

Mereka meminta, agar persoalan limbah PT Virco dan TPA Batu Bola sekaligus ditangani. Pemerintah juga diminta agar secepatnya memindahkan TPA Batu Bola dan mencari lokasi baru untuk pembangunan TPA. Selain itu, pemerintah juga diminta segera menginstruksikan PT Virco untuk pindah dari lokasi sekarang ke Kecamatan Psp Tenggara sesuai dengan tata ruang Kota Psp. “Yang diharapkan adalah ketegasan pemerintah untuk mendesak manajemen PT Virco pindah ke Kecamatan Psp Tenggara dan mencari lokasi baru untuk pembangunan TPA Baru.,” ujar Armand an Baun.

Masih kata keduanya, pemerintah melalui Kapedalda diminta untuk lebih memperketat sistem pengawasan terhadap limbah di Kota Psp. “Dengan begitu, resiko limbah yang dapat membahayakan lingkungan dapat diminimalisir dan dapat dilakukan antisipasi secepat mungkin,” sambung Arman.

Baca Juga :  SMPN 1 Sipirok Minim Fasilitas Olahraga

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Psp, Ashari Harahap bersama Wakil Ketua, Khoiruddin Nasution dan Sekretaris, Sopian Harahap juga mendesak pemerintah untuk segera menyelesaikan persoalan pemindahan TPA Batu Bola dan bersama-sama dengan DPRD untuk menganggarkan dana pembangunan TPA Baru. Selanjutnya mereka juga kembali mendesak pemerintah untuk mendesak manajemen PT Virco untuk pindah. “TPA baru juga sangat mendesak, selain persoalan limbah PT Virco, jadi pemerintah juga harus memikirkannya,” kata mereka. (phn/ara) (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*