Pemko Padangsidimpuan Diminta Aktif Lobi Dana Pusat

Pemerintah Kota Padangsidimpuan (Psp) diminta untuk lebih aktif menggiring dana dari pusat, misalnya dana dari Kementerian Sosial. Hal itu dianggap penting untuk mengembangkan pembangunan di kota salak ini.

Menurut pengamat sosial, Arman Badrisah Hasibuan, kepada METRO, Selasa (7/12), jika hanya dana dari APBD Psp yang diharapkan maka untuk pengentasan masalah sosial tidak akan cukup. Sebab, masih akan dibagi lagi untuk dana pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Untuk itu melihat potensi dana di Kemensos, ia berharap agar Pemko Psp aktif dan giat untuk melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat untuk mendapatkan dana tersebut. “Harapan kita jika kita mau dan giat untuk sama-sama melobi dana pusat khususnya d ipos Kemensos, maka permasalahan sosial dan juga untuk pengembangan kemandirian masyarakat Kota Psp bisa kita atasai perlahan-lahan dan ada solusinya, daripada menunggu dana dari APBD yang kami pikir tidak akan bisa menyelesaikan persoalan sosial di Kota Psp, karena anggaran APBD bukan hanya untuk itu saja melainkan untuk keseluruhan pembangunan di Kota Psp,” terangnya.

Untuk itu dirinya menyarankan kepada Pemko Psp untuk aktif dan giat melakukan lobi mulai dari sekarang sehingga pada tahun 2011 nanti ada harapan dana dari Kemensos ini bisa mengucur ke Kota Psp.

“Kita harus jemput bola, jika kita ingin mendapatkan kucuran dana dari Kemensos atau pemerintah pusat. Jika kita ingin maju dan membangun daerah kita ini. Ada dana di Kemensos untuk pemberdayaan fakir miskin sekitar Rp431 milliar atau program Kelompok Usaha Bersama (Kube) melalui dana dekonsentrasi, kenapa tidak kita manfaatkan,” sarannya.

Baca Juga :  Warga P.Sidimpuan Diminta Padamkan Listrik Saat Tinggalkan Rumah

Sementara itu Ketua Pekerja Sosial (Peksos) Kota Psp yang juga mencakup lima daerah lainnya di Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Baun Aritonang kepada METRO, Selasa (7/12) menambahkan, peksos siap untuk diajak kerja sama dan menjadi pendamping ke Kemensos untuk melakukan lobi dan menggiring dana tersebut dari Kemensos. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*