Pemko Padangsidimpuan Pastikan UNS, Pemkab Tapsel Gandeng USU

Pemko Padangsidimpuan (Psp) memastikan bahwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diajak bekerja sama dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2010 adalah Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Sementara Pemkab Tapanuli Selatan meneken Memorandum of Understanding (MoU) dengan USU dalam seleksi CPNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Psp, Asli Rangkuti kepada wartawan, Senin (29/11), di SMKN 2 Psp menegaskan, penandatanganan MoU dalam penerimaan CPNS antara Pemko Psp dan UNS sudah dilaksanakan tanggal 25 November lalu oleh Wali Kota Psp, Drs Zulkarnaen Nasution dengan pihak UNS yang disaksikan unsur Muspida plus Psp, seperti Ketua DPRD Aswar Syamsi, Kapolresta, Ketua PN, Kajari dan lainnya.

“Sudah final, dan MoU nya sudah ditandatangani oleh Wali Kota Psp dengan pihak UNS yang disaksikan oleh Muspida plus Psp. Jadi penerimaan CPNS tahun 2010 ini seperti halnya tahun 2009 lalu, kita tetap menjalin kerja sama dengan UNS,” tegasnya.

Dijelaskan Asli, teknis penerimaan CPNS nantinya sama dengan tahun 2009 lalu, di mana koreksi sistem komputerisasi tetap dilaksanakan di kampus UNS yang disaksikan Muspida plus dan Pemko Psp. Kemudian mengenai pembuatan soal hingga pengadaan kertas ujian, lanjut Asli, tidak akan dicampuri oleh Pemko. Pengantaran soal ke Psp hingga lembar jawaban dibawa kembali ke UNS untuk dikoreksi, serta hasil perankingan kembali dibawa ke Psp diserahkan sepenuhnya kepada UNS bekerja sama dengan Pemko Psp. ”Semuanya penuh menjadi wewenang UNS untuk pembuatan soal dan kertas ujian,” ucapnya. Ketika ditanyakan dasar Pemko Psp memilih UNS sebagai mitra dalam penerimaan CPNS ini, Asli menjelaskan dasarnya adalah kesuksesan pelaksanaan pada tahun 2009 lalu. Di mana dari tertib administrasi sangat baik seperti lembar soal yang dibawa memakai sistem pengamanan sekali buka. Artinya, jika lem segel kertas ujian dibuka maka tidak akan bisa ditempelkan lagi. “Intinya dasar pemilihan UNS kembali sebagai mitra kerja kita adalah keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan tahun lalu, dan kita juga optimis pelaksanan tahun ini juga berlangsung sukses,” tuturnya lagi.

Baca Juga :  26 September Sosialisasi e-KTP Dimulai

Ketua DPRD Psp, Aswar Syamsi kepada METRO, Senin (29/11), ketika ditanyakan seputar persoalan izin penunjukan PTN yang digandeng dalam penerimaan CPNS ini menjelaskan, tidak ada aturan yang menyatakan harus ada izin dari DPRD Psp terkait penunjukan PTN yang akan diajak bekerja sama dalam penerimaan CPNS. “Hanya sekedar pemberitahuan dari eksekutif kepada legislatif iya benar. Tapi, kalau izin tidak ada itu, karena tidak ada dasarnya,” tegasnya. “Saya juga menghadiri penandatanganan MoU antara Pemko Psp dengan pihak UNS tanggal 25 November lalu. Untuk itu kita minta jangan ada salah pemahaman di masyarakat terkait ada izin dari DPRD Psp untuk penunjukan PTN yang diajak kerja sama dalam penerimaan CPNS ini,” tambahnya.

Pemkab Tapsel Teken Mou dengan USU
Sementara itu, Senin (29/11) sekira pukul 10.00 WIB bertempat di Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan, Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) menandatangani MoU atau Nota Kesepakatan dengan USU dalam seleksi penerimaan CPNS Tapsel formasi Tahun Anggaran (TA) 2010. “Sudah (ditandatangani, red) , dengan USU tadi (Senin 29/11, red) pukul 10.00 WIB,” ujar Kepala BKD Tapsel, Drs Aswad Daulay SH MH kepada METRO, Senin (29/11). Dengan ditandatanganinya MoU dalam seleksi CPNS Tapsel formasi tahun 2010 ini, maka sudah tiga tahun Pemkab Tapsel bekerja sama dengan USU dalam seleksi CPNS.

Baca Juga :  Mengunjungi Situs-situs Peninggalan Sejarah di Tapsel

Sebelumnya, Bupati dan Wakil Bupati Tapsel, H Syahrul Martua Pasaribu dan H Aldinz Rapolo Siregar menegaskan jika seleksi penerimaan CPNS Tapsel tahun ini berjalan fair dan transparan, dan bekerja sama dengan USU. Dasarnya, karena USU sebagai salah satu PTN terbaik di Sumatera Utara. “Kawan-kawanlah yang menilai sendiri bagaimana USU. Itulah jawaban bahwa penerimaan CPNS tahun ini berlangsung fair,” tegas Bupati lagi.

Senada dikatakan Aldinz Rapolo Siregar. “Kita bekerja sama dengan salah satu PTN yang terbaik dan siap untuk transparan, seperti seleksi penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya,” tegas Rapolo. (metrosiantar.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*