Pemko Padangsidimpuan Prioritaskan Pembangunan TPA Baru

SIDIMPUAN-Meskipun rencana lokasi untuk lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) baru untuk menggantikan TPA Batu Bola belum jelas, namun dipastikan, pada tahun 2012 mendatang, Pemko Psp akan memprioritaskan pembangunan TPA baru tersebut.

Hal ini tercermin saat Wali Kota Psp, Drs Zulkarnaen Nasution mengumpulkan seluruh pimpinan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), Senin (13/6) di kantor Wali Kota, yang saat ini mnekankan kepada SKPD untuk melaksanakan program yang sudah ada khususnya yang ada di APBD dengan baik dan benar.

Dalam rapat itu kata Kabag Humas, Ahmad Bestari Lubis kepada METRO, Senin (13/6) yang menjadi inti pembahasan adalah masalah rencana pembangunan TPA sampah untuk menggantikan TPA yang lama di Batu Bola, Kecamatan Psp Batunadua.

“Jadi inti pembahasan dalam rapat yang dihadiri seluruh pimpinan SKPD yang dipimpin langsung Wali Kota, Wakil Wali Kota, Mara Gunung dan Sekda, Sarmadan Hasibuan itu adalah membahas masalah rencana pembangunan TPA yang baru untuk menggantikan TPA Batu Bola,” katanya.

Meskipun dalam pembahasan itu kata Bestari tidak disimpulkan di mana rencana lokasi untuk lahan TPA baru. Namun dipastikan bahwa untuk tahun 2012 mendatang pembangunan TPA baru merupakan prioritas Pemko Psp.

“Mengenai rencana lokasi, dana dan lain sebagainya yang bersifat teknis memang tidak ada disimpulkan, karena masih akan dimatangkan lebih dahulu, hanya saja sudah disepakati bahwa pembangunan TPA baru merupakan prioritas pemerintah tahun 2012 mendatang,” tegasnya.

Baca Juga :  LIGA PRIMER Irfan Bachdim Bawa Persema Libas PSM

Sementara itu Sekretaris Komisi II DPRD Psp, Sopian Harahap berharap kiranya rapat seluruh pimpinan SKPD dengan kepala daerah bukan hanya sekedar pertemuan biasa-biasa saja, tetapi apa inti dalam pertemuan tersebut benar-benar direalisasikan dan dilaksanakan.

Kemudian soal TPA, Sopian mendukung eksekutif yang menjadikan pembangunan TPA baru sebagai skala prioritas pembangunan tahun 2012 mendatang, namun untuk pelaksanaannya, dirinya meminta agar direncanakan dengan sebaik mungkin agar tidak ada kendala dikemudian hari.

“Memang sudah sangat mendesak untuk direlokasi itu TPA Batu Bola, cuma kita minta benar-benar direncanakan dengan sematang mungkin, seperti lahannya di mana, anggarannya darimana dan berapa besarannya, grand designnya bagaimana, sistem pengelolaannya bagaimana apakah oleh pemerintah atau diserahkan kepada pihak swasta dan lainnya dan itu semua harus benar-benar disiapkan, agar nantinya tidak ada persoalan atau masalah dikemudian hari,” ucap Sopian.

Wakil rakyat asal Psp Batunadua ini mengharapkan agar pembangunan TPA baru benar-benar bisa direalisasikan dan mulai dilaksanakan pembangunannya tahun 2012 mendatang. Dia juga meminta eksekutif untuk menyokong pembangunan TPA baru ini dengan melobi dana ke Pemerintah Provinsi dan pusat agar tidak hanya berharap dari APBD Pemko Psp yang diragukan tidak mampu membiayai secara penuh.  (phn/mer)

Sumber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Penggunaan dana BOS perlu diaudit

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*