Pemko-Pelindo Hidupkan Pusat Bisnis Sibolga

Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga berencana untuk membangkitkan sinergitas bisnis dengan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Cabang Sibolga, yakni dengan menghidupkan pusat jajanan malam dan dagangan souvenir, bisnis periklanan, sharing retribusi masuk pelabuhan, bisnis perniagaan, dan sebagainya.

“Sinergitas bisnis seperti itu sebelumnya sudah pernah dituangkan dalam bentuk Memorandum Of Understanding (MoU) yang disepakati bersama, dengan membentuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD antara Pemko dengan Pelindo,” kata Wali Kota Sibolga, Drs HM Syarfi Hutauruk, didampingi Manager Pelindo I Cabang Sibolga, S Sihite, Disperindag Kota, Benjamin Tarigan, Kadis Hub Kota Basar, M Sibarani, dan Kabag Humasy Kota Sibolga, DT Tamba, di Pelabuhan Sibolga, komplek Badan Usaha Pembangunan Kota Sibolga, (BUPKS) Jalan Horas Ujung, Selasa (7/9) sore.

Menurut Wali Kota, membangkitkan sinergitas bisnis tersebut dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sibolga, sekaligus menggairahkan kembali perekonomian Kota Sibolga. Di mana pusat bisnis itu salah satunya akan menciptakan usahawan-usahawan kelompok kecil, seperti di pusat jajanan malam dan dagangan souvenir.

“Kita melihat sinergitas bisnis tersebut sangat bermanfaat menggairahkan perekonomian kota, karena dengan sendirinya akan menciptakan kreativitas-kreativitas baru, membuat souvenir, dan membangkitkan usahawan-usahawan kecil,” katanya.

Syarfi Hutauruk lebih lanjut menjelaskan tentang periklanan dan perniagaan. Menurutnya, selama ini periklanan belum masuk ke Pelabuhan Sibolga. Sedangkan perniagaan seperti penjualan minyak untuk kapal-kapal besar ataupun kapal barang, belum ada yang dikelola BUMD Kota Sibolga. Jadi, kalau rencana ini sampai terealisasi, maka akan sangat memberikan kontribusi pada peningkatan PAD Kota.

Baca Juga :  LKPj Wali Kota Sibolga TA 2005-2009 Diterima DPRD

“Yang pasti, sinergitas bisnis akan sangat bermanfaat bagi Pemko dan warga Kota Sibolga,” sebut Syarfi, seraya mengungkapkan bahwa rencana tersebut ada setelah mendengar masukan dari Manager PT Pelindo I Cabang Sibolga.

Sekedar mengingatkan, sebelumnya Pemko Sibolga sudah membentuk BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) atau BUPKS (Badan Usaha Pembangunan Kota Sibolga) pada tahun 2007, dengan Perda No.14 tahun 2006. Namun masa periodenya hanya 1 tahun yang berakhir pada tahun 2008, dan kemudian BUMD tersebut tidak diperpanjang setelah masa periodenya berakhir.

Selanjutnya, PT Pelindo Cabang Sibolga melakukan kerja sama dengan Koperasi LEPP Sibolga Nauli dalam mendirikan Solar Paket Dealer Nelayan (SPDN), untuk memberikan kemudahan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi nelayan. Dan sampai sekarang, SPDN tersebut masih tetap aktif melayani pengisian BBM nelayan di Pelabuhan Sibolga.

Perlu Diperpanjang

Manager Pelindo Cabang Sibolga, S Sihite, mengungkapkan bahwa sebelumnya sudah ada kerja sama Pemko dengan Pelindo yang tertuang dalam MoU. Hanya saja pada 2009 lalu, MoU tersebut sudah berakhir sehingga sangat perlu diperpanjang kembali, demi peningkatan sinergitas di antara kedua belah pihak. “Pelindo sangat mendukung dan mengharapkan kerja sama tersebut, dan berharap ke depan Pelindo dan Pemko Sibolga dapat saling diuntungkan dengan menambah pendapatan bersama

Sumber: METRO SIANTAR

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Penjarahan ‘98 Hantui Binjai

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*