Pemko Sidimpuan Didesak Gelar Operasi Pasar

Pemerintah Kota (Pemko) Padangsidimpuan melalui Disperindag dan UKM didesak segera menggelar Operasi Pasar (OP) guna mengatasi melonjaknya harga sejumlah kebutuhan pokok memasuki pekan kedua Ramadan.

“Pemko Sidimpuan harus segera melakukan operasi pasar sebelum lonjakan harga kebutuhan pokok semakin tinggi,” ujar Ketua Fraksi Demokrat DPRD P. Sidimpuan H. Khoiruddin Nasution SE bersama Sekretaris FD Rika Hanum Nasution SSos kepada Analisa di Gedung DPRD setempat, Jumat (20/8).

Dikatakan, sesuai hasil tim survei Ramadan Fraksi Demokrat, kondisi perdagangan memasuki hari pekan kedua Ramadan menunjukkan adanya grafik kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok seperti beras, minyak makan dan lain-lain.

“Semakin dekatnya Idulfitri 1431 H berimbas pada permintaan pasar semakin tinggi sehingga harga semakin tinggi,” katanya.

Khoiruddin menilai, seharusnya Dinas UKM segera merespon problematika ini dengan melakukan operasi pasar bekerjasama dengan bulog. Agar harga pasar bisa dikendalikan dan masyarakat tidak kesulitan didalam memperoleh kebutuhan persiapan hari raya.

“Ini saatnya Pemko melalui Dinas UKM bertindak. Jangan setelah harga meroket baru bergerak. Itu sama saja memadamkan api dengan sember air,” sebutnya.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris FD Rika Hannum Nasution yang meminta Pemko Sidimpuan jangan mengulangi kesalahan-kesalahan seperti tahun sebelumnya, dimana Dinas UKM selalu menggelar operasi pasar pasca membumbungnya harga kebutuhan pokok.

“Jangan ulangi kesalahan lagi, segera gelar operasi pasar dalam menanggulangi grafik kenaikan harga, “terangnya.

Baca Juga :  Besok, Kamis (25/3/2010) Guru PNS Padangsidimpuan Terima Insentif Th. 2009 Rp. 3 Juta

Ditambahkan, Pemko Sidimpuan juga diminta dapat segera mencairkan uang makan PNS dan dana tambahan perbaikan penghasilan guru yang bersumber dari Anggaran Pendapatan & Belanja Negara (APBN).

“Pemko harus segera mencairkan dana tersebut karena para PNS sangat membutuhkannya dalam menjalani ramadhan dan menyambut hari raya Idul fitri, “imbuhnya.

Diharapkannya, aparat kepolisian juga dapat memberikan peranan dalam mengatasi fluktuasi harga kebutuhan pokok ini dengan memantau dan menindak para pengusaha yang melakukan penimbunan sembako.

“Pihak kepolisian juga harus menindak tegas para pengusaha yang melakukan penimbunan sehingga gejolak kenaikan harga dapat ditekan seminimal mungkin, “tuturnya.

SUmber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=66728:pemko-sidimpuan-didesak-gelar-operasi-pasar&catid=51:umum&Itemid=31

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*