Pemko Sidimpuan Luncurkan PATEN

Padangsidimpuan, Pemerintah Kota Padang­sidimpuan meluncur­kan Pelayanan Administrasi Ter­padu Kecamatan (PATEN) di kantor Camat Hu­taim­baru, Kota P.Sidimpuan, Rabu (26/11).

Acara ditandai pemukulan gong oleh Walikota Andar Amin Harahap dan dilan­jutkan peninjauan ruang PATEN. Walikota mengatakan, dengan dimulainya PATEN, warga tidak lagi direpotkan urusan perizinan dan non perizinan, birokrasi panjang, ongkos mahal dan berbelit-belit.

“Dengan PATEN, warga tidak lagi harus jauh-jauh mengurus izin ke kantor peri­zinan namun cukup hanya mendatangi kantor camat di daerah masing-masing,” ujar­nya.

Kepala Bagian Tata Peme­rintahan Setdakota Syafaruddin melaporkan, tujuan penyenggaraan PATEN, guna mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyara­kat. Memberikan pelayanan kepada masya­ra­kat secara proporsional berdasarkan kri­teria dan skala dibidang perizinan dan non pe­rizinan.

Di samping itu, untuk me­ningkatkan kua­litas dan men­dekatkan pelayanan kepada masyarakat, peningkatan kua­litas pelayanan dari aspek waktu dan biaya pelayanan. “Masyarakat akan mendapat pelayanan yang le­bih cepat dan terukur dengan jelas, ” katanya.

Terpisah Camat P.Sidimpuan Hutaimbaru Sayidiman Pulu­ngan mengatakan, pihaknya baru sebatas melayani perizinan berupa izin men­dirikan ba­ngunan (IMB), izin usaha in­dus­tri (IUI) surat izin usaha perdagangan (SIUP) tanda daftar perusahaan (TDP), izin gang­­guan (HO) dan tanda daftar gudang (TDG). “Sedang di sektor non peri­zinan be­rupa KTP dan Kartu Keluarga (KK),” ujar­nya.

Dikatakan, dasar penerapan PATEN ini, Per­mendagri No 4 tahun 2010 dan Peraturan Wali­­kota No 3 tahun 2014. “Kedua peraturan itu menjadi dasar penerapan PATEN didae­rah, ” terangnya.

Baca Juga :  Myanmar Pecundangi Indonesia 3-1

Sayidiman mengimbau, agar masyarakat segera mengurus izin usahanya ke kantor Ca­mat Hu­taim­baru. “Kita akan berikan pe­la­yanan prima kepada ma­syarakat,” katanya.

Hadir dalam acara itu, wakil ketua DPRD Edi Jurianto Harahap, para unsur Muspika, Ke­tua TP PKK Ade Aan Rostiani Andar Amin, Ketua Dharmawanita Persatuan Rita Mur­ni serta para camatdan lain sebagai­nya. (hih)

/(Analisa)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*