Pemprov Riau Kelebihan 2.490 PNS.

Kepala Bidang Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau Tengku Fazly Ridwan mengatakan saat ini jumlah pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemprov Riau kelebihan dari semestinya.

“Saat ini jumlah PNS kita 8.490 orang. Padahal idealnya hanya 6.000 orang yang bekerja di lingkungan Pemprov Riau,” ungkapnya kepada wartawan di kantornya, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru, Senin (21/2/11).

Menurut Fazly, kelebihan jumlah PNS di Pemprov Riau terjadi disebabkan penempatan PNS yang tidak sesuai dengan kopentensi atau disiplin ilmu yang dimiliki masing-masing PNS. “Pemerataan jumlah pegawai itu sangat minim. Ada yang jumlah PNS di setiap instansinya lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan,” jelasnya.

Meskipun sudah terjadi kelebihan PNS ribuan orang, namun setiap tahun Pemprov Riau tetap menerima PNS baru. Menanggapi hal itu, Fazly mengatakan, penambahan harus dilakukan, karena masih ada sejumlah formasi yang belum memiliki PNS. Selain itu, penambahan PNS setiap tahun dilakukan untuk menggantikan PNS yang memasuki masa pensiun. “Kita masih ada kekurangan CPNS, karena ada yang meninggal dan setiap tahunnya ada yang pensiun. Maka dari itu kami masih penerimaan CPNS,” demikian penjelasannya.

Sebagai data tambahan, pada 2006 silam, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Taufik Effendi, dalam sebuah kunjungan ke Pekanbaru mengungkapkan, bahwa jumlah PNS di Indonesia sudah terlalu banyak. Terjadi kelebihan sekitar 1,7 juta PNS.(Riau Terkini.)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Nilai UN Tertinggi di Indonesia, Fitriyan Ditelepon SBY

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*