Pemprovsu harus perbaiki tanggul irigasi Paluta

GUNUNGTUA – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kabupaten Padanglawas Utara, Dirwansyah Harahap, meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara segera memperbaiki saluran irigasi Batang Ilung yang jebol.

“Ribuan hektare sawah terancam hancur jika saluran tersebut tidak diperbaiki secepatnya, apalagi saat ini memasuki musim tanam,” ujar Dirwansyah, tadi malam.

Batang Ilung merupakan saluran induk pengairan yang mengairi ribuan hektare sawah warga di Padangbolak dan Portibi. Namun saluran irigasi tersebut tidak berfungsi lagi karena mengalami kerusakan atau jebol di Desa Sibagasi sepanjang 50 meter.

Dikatakan, perbaikan saluran irigasi tersebut merupakan suatu kewajiban yang mendasar. Mayoritas mata pencaharian penghidupan masyarakat di Kec. Padangbolak dan Portibi adalah bersawah. Maka jika tidak segera diperbaiki segera berakibat buruk kepada petani.

Kepala Irigasi III Provinsi Sumatera Utara, M Soleh Nasution mengatakan, jebolnya tanggul sepanjang 50 meter itu akan segera diperbaiki. Sementara Siti Aslan, seorang petani mengatakan, jika sampai seminggu ini sawahnya tidak diairi, maka padinya akan rusak dan panen akan gagal.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=119590:pemprovsu-harus-perbaiki-tanggul-irigasi-paluta&catid=15:sumut&Itemid=28

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*