Penangkapan Susno, Sah atau Tidak?

Beberapa pakar hukum pidana memberikan penilaian yang berbeda mengenai langkah Polri menangkap dan menahan mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji. Ahli dari pihak Susno menilai langkah Polri itu tidak sah. Sebaliknya, ahli dari pihak Polri menilai langkah Polri itu sah secara hukum.

%name Penangkapan Susno, Sah atau Tidak?
Mantan Kabareskrim, Komjen Susno Duadji dengan pengawalan ketat keluar dari gedung Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (11/5/2010). Susno resmi ditahan di Rumah Tahanan Markas Komando Brimob Kelapa Dua terkait kasus suap penangkaran arwana di Riau.

Ahli hukum pidana Prof Ahmad Ali sependapat dengan dasar hukum yang dipakai Polri melakukan penangkapan yaitu Keputusan Mahkejapol dan Surat Keputusan Kapolri Nomor Skep/ 1205 /IX/ 2000 tanggal 11 September 2000. Kedua ketentuan itu menyebutkan bahwa bukti permulaan yang cukup minimal laporan polisi ditambah salah satu alat bukti yang sah.

Satu keterangan saksi ditambah petunjuk, kata dia, cukup untuk melakukan penangkapan terhadap seseorang. Ia menilai bahwa petunjuk adalah alat bukti yang sah.

Selain itu, ucapnya, keterangan para saksi ditambah petunjuk yang dimiliki Polri dapat dikatakan sebagai bukti yang cukup untuk melakukan penahanan. “Bisa ditahan jika satu saksi ditambah petunjuk yang berkesesuaian,” katanya, Kamis (27/5/2010).

Pendapat senada disampaikan ahli hukum pidana lain yang dihadirkan Polri, yakni Prof Muzakhir. Menurut dia, dalam KUHP tidak dijelaskan mengenai bukti permulaan yang cukup. Lalu, menurut dia, mengenai bukti permulaan yang cukup dapat mengacu kepada Keputusan Mahkejapol. “Yang menyatakan satu alat bukti ditambah laporan polisi,” jelas dia.

Seperti diberitakan, dasar penangkapan Polri adalah laporan polisi Nomor LP/272/K/IV/2010 Bareskrim tanggal 21 April 2010. Selain itu, keterangan 16 saksi, di antaranya Sjahril Djohan, Haposan Hutagalung, Dadan Apriyanto, Upang Supandi, Ahsanur, dan Syamsurizal Mokoagouw.

Baca Juga :  Antisipasi Insiden Sumut, Polda Metro Siagakan Personel Bersenjata Laras Panjang

Sumber: http://nasional.kompas.com/read/2010/05/27/20125894/Penangkapan.Susno.Sah.atau.Tidak

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*