Pencurian TBS Sawit KUD Serbaguna Kian Marak di Palas

Pencurian Tandan Buah Segar (TBS) sawit di lahan sawit seluas 900 hektar milik Koperasi Unit Desa (KUD) Serba Guna (SG) unit otonom Barumun-Sosa di desa Parsombahan Kecamatan Lubuk Barumun kabupaten Palas yang saat ini masih dalam proses hukum, semakin marak.

Informasi dihimpun Analisa, Minggu (29/8), penjarahan secara besar-besaran tersebut juga melibatkan H.ID alias TL seorang mantan narapidana warga Sibuhuan Kecamatan barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) yang sebelumnya pernah terlibat penjarahan dan pencurian TBS sawit di lokasi kebun sawit KUD Serba Guna beberapa tahun lalu.

“Penjarahan sawit kian marak di kebun yang masih menjadi objek perkara Direktorant PHKA Kemenhut RI ini. Mantan napi pun sudah ikut-ikutan menjarah, “ujar Salah seorang petani anggota KUD SG unit otonom Barumun-Sosa Sutrisno (40).

Dikatakan, kesempatan ini dimanfaatkan H.ID alias TL untuk menjarah TBS sawit di kebun KUD SG disaat beberapa orang pengurus KUD SG sedang menjalani proses hukum.

” Penjarahan maupun pencurian TBS sawit di kebun KUD SG dilakukan secara terang-terangan yang diduga mendapat restu dari Dinas Kehutanan Palas selaku pihak penerima barang titipan dari Kejaksaan Negeri Padangsidimpuan, ternyata Dishut palas tidak mampu menjalankan amanah atau menjaga amanah yang dipercayakan atau sengaja “main mata” dengan pencuri buah sawit H.ID alias TL, dkk, ” ujar Sutrisno.

Baca Juga :  Anak Durhako, Warga Ulu Barumun Tikam Ibu Kandung Hingga Tewas

Sebagai pihak yang turut jadi korban, Sutrisno juga menambahkan, apabila penjarahan maupun pencurian TBS sawit di kebun KUD SG tidak dapat dihentikan, dalam waktu dekat seluruh anggota yang memiliki hak sebagai pemilik kebun 2 herktar / KK dan nasabah BSM akan masuk ke areal kebun, sebab perlakuan penjarah dan pencuri TBS sawit milik 450 KK petani ini sudah keterlaluan.

” Bahkan penjarahan ini juga sudah pernah dilakukan H.ID alias TL dan dibeking oknum ketua OKP yang berdomisili di Padangsidimpuan dan berujung ke meja pengadilan yang saat itu perkaranya di tangani Mustofa, SH dengan nomor register perkara No.148/Pid.B/2007/PN.Psp atas nama terdakwa HID alias TL dan perkara Nomor 149/Pid.B/2007/PN.Psp atas nama terdakwa kepala desa Sangkilon Kecamatan Lubuk Barumun ZH,dkk, yang masing-masing terdakwa di jatuhi hukuman 6 bulan penjara, ditambah 1 tahun masa percobaan, ” terangnya.

Sumber: http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=67407:pencurian-tbs-sawit-kud-serbaguna-kian-marak-di-palas&catid=51:umum&Itemid=31

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*