Penderita Kanker Tulang Butuh Dermawan

Paluta,  Zainuddin Pohan,(21) warga Desa Hutaimbaru, Kecamatan Halongonan penderita kanker tulang (osteosarkoma) di kaki kiri saat ini kondisinya semakin memprihatinkan dan butuh dermawan.

Saat ditemui di kediamannya, di Desa Hutaimbaru, Kecamatan Halongonan, Minggu (20/7) terlihat kondisi Zainuddin Pohan semakin melemah.

Kaki kirinya tepat pada bagian lutut mengalami pembengkakan sebesar kepala orang dewasa dan keadaannya pun membusuk sehingga mengeluarkan aroma tak sedap.

Menurut Zainuddin, penyakit yang dideritanya berawal saat ia sedang bekerja di kebun pada  Januari lalu. Saat itu ia sedang bekerja memanen buah kelapa sawit, namun disaat hendak pulang tiba-tiba kaki kirinya terperosok masuk kedalam lubang.

Pada saat kaki kirinya masuk ke dalam lubang ia pun merasakan kesakitan yang luar biasa sehingga setiba di rumahnya ia pun langsung mengobati rasa sakitnya ke tukang kusuk. Namun berselang satu bulan kemudian, benjolan sebesar kelereng muncul tepat di kaki kirinya. Lama-kelamaan benjolannya pun semakin membesar.

“Sudah tujuh bulan penyakit ini, awalnya sebesar kelereng tapi sekarang suudah membengkak sebesar kepala,” ujarnya.

Benjolan itu pun lama-kelamaan seperti bisul, mengandung cairan busuk sehingga rasa sakitnya itu pun membuat ia ikhlas dan merelakan kaki nya segera di amputasi agar sakitnya menahan penyakit ini tidak lagi ia rasakan.

Disaat ia bercerita tentang penyakitnya, Zainuddin mengeluarkan airmata kesedihan, sebab ia tak menyangka pada usia mudanya ia justru menderita penyakit aneh.

Baca Juga :  Robinho Bawa Milan ke Delapan Besar

“Aku tak tahan lagi dengan kondisi ini, sekarang pun aku mau kaki ku di potong, aku tak kuat lagi, aku ikhlas,”ungkapnya.

Orangtua Zainuddin, Lismainun Parapa hanya bisa pasrah dengan keadaan anak bungsunya itu. Demi kesembuhan anaknya itu ia dan famili lainnya sudah pernah membawa anaknya itu berobat ke Pekan Baru, Riau, RSUD Paluta, Aek Haruaya dan ke RSUD Kota Padang Sidimpuan, namun semua sia-sia dan tak membuahkan hasil.

Selain itu upaya yang dia lakukan sejak Mei lalu kini terhambat dipermasalahan biaya, pasalnya untuk melakukan perobatan bagi anaknya itu memerlukan biaya yang tidak sedikit.

“Sudah kami bawa berobat ke, RSUD Paluta , RSUD Padang Sidimpuan dan bahkan ke Pekan Baru,” kenangnya.

Sementara, Bidan yang bertugas di Kecamatan Halongonan Eviriyanti Harahap mengaku selalu melakukan pengobatan kepada Zainuddin Pohan.

Menurutnya penyakit yang diderita Zainuddin Pohan merupakan kanker tulang. Salah satu kerabatnya Jelis Harahap mengaku saat ini kondisi Zainuddin Pohan memperihatinkan dan memang sangat membutuhkan uluran tangan dari dermawan.

Zainuddin Pohan adalah anak ketiga dari tiga bersaudara dari pasangan Lismainun Parapat (53) dan almarhum Mara Sahlan Pohan (56). Saat ini Zainuddin Pohan hanya bisa pasrah dan berharap ada bantuan dari dermawan dalam mengurangi beban deritanya, sebab untuk melakukan operasi mereka sudah tidak mempunyai biaya. (ong)/(Analisa).

Baca Juga :  Pemkab Tapanuli Selatan Bakal Bangun SMK di Tiap Kecamatan
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*