Penderita TB di Sumut Terus Meningkat

Penderita tuberkulosis (TB) di Sumatra Utara (Sumut) terus meningkat dari tahun ke tahun. Untuk menekan pertumbuhannya, Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) membuka layanan gratis di Medan bagi penderita penyakit menular dan mematikan itu.

Direktur Eksekutif JKM, Delyuzar, Minggu (23/5) mengatakan penderita TB masih enggan memeriksakan diri secara rutin. “Kami membuka layanan TB gratis agar para penderita TB mau memeriksakan diri ke klinik. Layanan ini dibuka bagi suspect atau orang dengan dugaan menderita dan penderita TB positif,” ujarnya.

KM sendiri menemukan sebanyak 3.452 penderita TB pada 2003 di tujuh kabupaten kota di Sumut. Pada 2004, JKM kembali menemukan 5.322 penderita. Lalu pada 2009 lalu sudah ditemukan sebanyak 10.150 penderita. Menurut estimasi Dinas Kesehatan Sumut, penderita penyakit ini mencapai 20.000
yang tersebar di semua kabupaten kota.

Berdasarkan data di dunia dan di Indonesia, menurut Delyuzar, TB menyerang sebagian besar kelompok usia kerja produktif, 15-50 tahun. Diestimasikan 95% kasus TB dan 98% kematian akibat TB di dunia terjadi di negara berkembang.

Dengan semakin meningkatnya penderita human immunodeficiency virus/acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS), pasien TB juga meningkat. “Di Indonesia sendiri, jumlah pasien TB merupakan jumlah terbanyak ketiga di dunia setelah India dan China dengan pertumbuhan 5,8% setiap tahun dan estimasi sebesar 140.000 orang meninggal karena TB,”tuturnya.

Baca Juga :  Salat Id Warga Muhammadiyah di Medan Membludak

Koordinator Program TB JKM, Arlina mengungkapkan telah menyiapkan kader TB sebanyak dua angkatan.Angkatan pertama berjumlah 25 orang dan tersebar di lima kecamatan, yakni Medan Tembung, Medan Denai, Medan Perjuangan, Medan Belawan, dan Medan Labuhan. Sementara itu, angkatan kedua berjumlah 24 orang yang juga tersebar di lima kecamatan yang sama.

TB, papar Arlina, merupakan penyakit menular yang menyerang paru serta dapat menyerang organ tubuh lain, seperti otak, tulang, kelenjar. Penyebaran dan penularannya bisa terjadi saat tinggal bersama pasien TB menular dalam waktu lama,berprilaku hidup tidak sehat seperti meludah sembarangan, juga karena lingkungan yang tidak sehat.(BS/OL-02)

Sumber; http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/23/144563/126/101/Penderita-TB-di-Sumut-Terus-Meningkat-

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*