Pendiri WikiLeaks Jadi Dosen di Inggris

PENDIRI WikiLeaks Julian Assange memberikan ceramah di hadapan anggota Cambridge Union Society (CUS). Ini merupakan penampilan publik pertama Assange setelah bulan lalu kalah dalam pertempuran melawan ekstradisi ke Swedia.

julian+assange+7 Pendiri WikiLeaks Jadi Dosen di InggrisDi hadapan anggota CUS, Assange menyatakan kekhawatirannya akan keterbatasan dunia maya. Menurutnya, dunia maya digunakan negara represif untuk memonitor kaum oposisi yang membocorkan informasi penting.

“Internet memiliki kekuatan besar untuk menahan pemerintah, tapi internet juga mesin mata-mata terbesar yang pernah dibuat. Ini bukan teknologi yang nyaman untuk kebebasan berbicara,” urainya, seperti dikutip Independent, Rabu (16/3/2011).

Dalam kegiatan ini, Assange dijaga ketat. Pengumuman yang ditempel di luar ruang pertemuan menyebutkan, peserta kegiatan dilarang keras merekam materi kuliah pria asal Australia itu.

“Adalah ilegal untuk (merekam) dijadikan film, foto, atau catatan. Anda akan diusir dan keanggotaan CUS Anda akan dicabut,” demikian isi pengumuman yang terpampang.

Cambridge Union Society (CUS) adalah komunitas debat di University of Cambridge, Inggris dan merupakan komunitas debat tertua di dunia. Sejak didirikan pada 1815, CUS dikenal karena reputasinya dalam kebebasan berbicara dan debat terbuka. Anggota merupakan mahasiswa University of Cambridge, dan keanggotaan khusus kepada komunitas yang sama seperti Yale Political Union dan Oxford Union Society.

Sebelumnya, CUS juga pernah menghadirkan mantan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, pemimpin Tibet Dalai Lama dan mantan Presiden AS Ronald Reagan.

Baca Juga :  Game 3D, Microsoft Masih Coba-Coba

Saat acara berlangsung, media nasional dilarang hadir. Namun, jurnalis mahasiswa dari dua koran universitas diizinkan hadir. Soal larangan, ini alasan pihak CUS.

“Kadang-kadang kami membiarkan pers di dalam ruangan tapi kebanyakan kami tidak membiarkannya. Kami adalah klub pribadi dan kami ingin memberi kesempatan kepada anggota untuk terlibat dengan tokoh paling menarik dan berpengaruh di masyarakat saat ini,” ujar Presiden CUS Lauren Davidson. (okezone.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*