Penembak Dokter Indonesia di Somalia Baru Saja Dipecat

Mogadishu – Penembakan pada dokter asal Indonesia dan rekannya dari negara Barat hingga tewas di Mogadishu, Somalia, diduga dilatarbelakangi oleh sakit hati pelaku. Pelaku yang merupakan pria Somalia, baru saja dipecat dari lembaga kemanusiaan berbasis di Belgia, Medicins Sans Frontieres (MSF) atau Doctors Without Borders.

The New York Times melaporkan, tersangka awalnya bekerja pada lembaga tersebut. Namun dia dipecat minggu ini. Pada hari Kamis (29/12/2011) siang, dia kembali ke kantor MSF untuk meluapkan amarahnya. “Dia membawa pistol yang disembunyikan dan menembak para pekerja kemanusiaan,” ujar seorang saksi yang bernama Ali.

Pekerja medis dari Indonesia dan dari Barat yang jadi korban dilarikan ke RS Madina. Pekerja dari Barat meninggal setiba di rumah sakit sedang dokter asal Indonesia menyusulnya karena pendarahan yang hebat. The New York Times menyebuat dokter dari Barat itu berasal dari Prancis, namun sumber lainnya menyebut dari Belgia.

Segera setelah terjadi serangan itu, pasukan keamanan Somalia melokalisasi tempat kejadian perkara (TKP) dan menangkap tersangka penembak.

Sementara itu, kantor berita Prancis AFP melaporkan, penembak tersebut merupakan petugas bagian logistik. Dia terlibat pertengkaran dengan atasannya pada hari Rabu dan kembali ke kompleks MSF pada hari Kamis, hingga terjadilah penembakan itu.

“Pelaku telah ditangkap. Kami akan memeriksanya besok (Jumat),” kata seorang petugas keamanan Somalia, Mohamed Ibrahim.

Baca Juga :  Menakertrans Minta Majikan Penyiksa Armayeh di Madinah Dihukum

detik.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*