Pengembangan Kotanopan perlu jadi prioritas

Kotanopan (http:tabloidrakyatmadani.wordpress.com)

PANYABUNGAN – Pengembangan kecamatan Kotanopan, kabupaten Mandailing Natal perlu menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Mengingat Kotanopan adalah kecamatan terbesar kedua di kabupaten Mandailing Natal.

Selain itu, Kotanopan mempunyai nilai historis sebagai kota pahlawan dan tidak kalah pentingnya untuk peningkatkan roda perekonomian.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Himpuan Pemuda Mandailing (DPP-HIMPA), Muhammad Suhairy Lubis, tadi malam, mengatakan dari tahun ke tahun perkembangan Kotanopan tidak ada. Hanya bangunan ruko bertingkat, itupun dua tahun terakhir ini.

“Kita tidak tahu apakah masyarakatnya memang tidak mendukung pembangunan atau Pemkab Madina yang kurang respon terhadap pembangunan Kotanopan dan sekitarnya”, ujarnya.

Padahal kalau pengembangan ini dipercepat, otomatis roda perekonomian berputar. Pengembangan awal bisa saja dengan meremajakan rumah tua di Kotanopan menjadi ruko-ruko bertingkat. Ruko-ruko ini nantinya a dimamfaatkan warga untuk berjualan sekaligus menambah keindahan kota.

Dikatakan, kantor camat juga layak untuk dipindahkan, sebab biasanya gedung pemerintah harus terasing dari pusat pasar dan keramaian.

Jadi kantor camat sekarang sampai bioskop lama cocoknya dibangun terminal. Sedangkan kantor camat pindah ke Torsiojo atau daerah lain yang memungkinkan. Kemudian, sarana infrastruktur jalan juga perlu diperlebar.

”Terkait dengan terminal angkutan umum, mendesak untuk dibangun. Lahan di areal Pasar Kotanopan terlalu sempit, jadi harus ada pengembangan. Terminal-terminal liar yang terdapat di Pasar Kotanopan perlu ditertibkan untuk menjaga kemacetan dan memperindah tata ruang kota,” katanya.

Baca Juga :  Sebuah Rumah Warga Jalan Kapten Tandean di lalap si jago merah.

Sumber: www.waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*