Pengguna Apple Diincar Pencuri Identitas

KOMPAS.com – Pemilik produk Apple perlu berhati-hati. Telah ditemukan peredaran email phishing, yang berusaha mencuri identitas korbannya, khusus pengguna Apple.

Seperti diungkapkan Trend Micro, serangan phishing ini menargetkan pengguna Apple dengan cara berpura-pura sebagai email resmi dari Apple.  Email palsu itu memberitahukan seakan-akan ada perubahan data pribadi di account pengguna.

Bedanya dengan email yang asli, email palsu ini akan mengirimkan pengguna ke sebuah halaman yang menampilkan iklan di bagian bawah. Di halaman itu terdapat permintaan untuk memasukkan username dan password, yang jika diikuti sama saja menyerahkan kunci rumah pada maling.

Beberapa ciri email palsu dari Apple itu adalah:

  • alamat pengirim adalah do_not_reply@itunes.com via SMTP
  • link di dalam body email mengarah ke situs palsu (yang memiliki banner iklan di bawahnya)
  • tulisan kecil (fine print) email hanya menyebutkan TM and Copyright Apple Inc

Waspadai selalu email yang berhubungan dengan account Anda. Bila ada permintaan untuk memasukkan username dan password, pastikan Anda berada di halaman yang asli dan bukan sebuah situs jebakan.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*