Pengguna Mac Waspadai AntiVirus Palsu

MEDAN – Edric, staf IT iPlug Store Medan menjelaskan bagi pengguna Mac khususnya pemula yang baru berkenalan dengan Mac, meningkatkan kewaspadaan. Antivirus palsu untuk Mac OS X kini menggunakan teknik-teknik yang dipakai di versi Windowsnya untuk menerobos masuk sistem Mac.

Dijumpai www.tribun-medan.com, Jumat (1/7) sore, antivirus palsu ini itemukan pertama kali pada awal Mei, Trojan ini menyerang para pengguna Mac yang masuk ke situs web palsu karena mengikuti hasil pencarian yang sudah ‘dikerjai’.

“Sekarang, instalasi akan aktif ketika kita mengikuti hasil pencarian yang tidak bersih. Dan begitu terinstal, malware akan meminta kita memasukkan informasi kartu kredit untuk membeli software tersebut. Jangan dilakukan ya,”kata Edric kepada www.tribun-medan.com

Sebelumnya, dalam advisory-nya, Apple mengatakan bahwa permintaan password administrator  memberi kesempatan baik bagi pengguna untuk membatalkan instalasi software antivirus palsu.

Namun sekarang serangan itu tidak lagi meminta password. Ini serupa dengan cara para hacker membobol komputer Windows yang menghindari peringatan UAC (user account control). (Mom/tribun-medan.com)

Penulis : Momo Regar
Editor : Sofyan Akbar
Sumber : Tribun Medan
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 8 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*