Penggunaan dana BOS perlu diaudit

PANYABUNGAN – Dana bantuan operasional sekolah (BOS) selama ini di Kabupaten Mandiling Natal (Madina) dinilai banyak pihak tidak digunakaan tepat sasaran. Banyak dana BOS penggunaannya tidak transparan, sehingga menimbulkan kecurigaan masyarakat. Untuk itu, masyarakat Madina mengharapkan adanya pengawasan yang lebih ketat lagi dari pemerintah.

Ungkapan ini disampaikan tokoh Pemuda Madina, Ahmad Efendi Lubis, tadi malam. Dia berharap penggunaan dana operasional tersebut perlu lebih ditingkatkan pengawasannya, juga penggunaannya pun tepat sasaran, sehingga mampu meningkatkan mutu pendidikan.

Dikatakannya, selama ini banyak sekolah yang semaunya menggunakan dana Bos untuk keperluan yang kurang jelas, tanpa sepengetahuan komite sekolah. Kasus seperti ini, kata Ahmad, sering ditemukan di daerah-daerah terpencil yang jauh dari pengawasan. Bahkan ada sebagian sekolah mengelola sendiri dana Bos tanpa sepengetahuan komite sekolah.

Menurutnya, sangat mudah sekali menilai penggunaan dana Bos apakah sudah tepat sasaran atau tidak. Dilihat dari tujuannya, dana BOS dikucurkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan.

“Sebenarnya pengawasan dana BOS ini simple saja. Sekolah-sekolah yang mendapat dana BOS tetapi tidak mampu meningkatkan kualitas pendidikannya, penggunaan dana BOS perlu diaudit. Saya rasa tindakan seperti itu yang perlu dilakukan oleh dinas terkait. Masalah benar atau tidak nantikan bisa dibuktikan,” ujarnya.

Ahmad berharap, selain pemerintah masyarakat sekitar juga harus proaktif untuk mengawasi penggunaan dana BOS. Namun yang terpenting adanya pengawasan dan tindakan nyata dari komite sekolah terkait penggunaan dana BOS.

Baca Juga :  Riedl Akan Pertanyakan Masalah Kontraknya

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*