Penggundulan Hutan Palas Masih Berlanjut – Masyarakat Khawatirkan Banjir Bandang

Masyarakat Padanglawas (Palas), khususnya yang bermukim di Kecamatan Sosa, Hutaraja Tinggi dan Kecamatan Batang Lubu Sutam, mengkhawatirkan akan terjadi banjir bandang.

Pasalnya, penggundulan hutan masih berlanjut. Kekhawatiran itu akan terjadi apabila Pemerintah tetap membiarkan mafia illegal logging menghabiskan kayu di Bukit Barisan dengan modus izin pemanfaatan kayu atas nama Salin K Ahmad.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi C Idham Hasibuan didampingi Ir Samson Fareddy yang juga Ketua Partai Persatuan dan Pembangunan (DPC PPP) Palas serta H Tambun Hasibuan, Rabu (25/8) kepada Global di lokasi Kilang Papan milik Lismana Husin alias Evi, di Desa Tanjung Baru.

Dipaparkan Idham dan Samson Fareddy, tofografi areal hutan yang dirambah lazim disebut Bukit Barisan, kondisinya terjal. Sedangkan sumber mata air merupakan daerah tangkapan air untuk sungai yang mengalir di Lembah Bukit.

Antara lain, Sungai Sutam, Sungai Aek Lobu. Di mana keberadaan kedua sungai ini sepanjang jaman sangat dibutuhkan masyarakat Sumut dan Riau. Secara konkrit, hutan tersebut merupakan paru-paru kehidupan.

Atas dasar pemikiran ancaman ekonomi serta kelangsungan hidup, maka sangat layak kalau masyarakat menyatakan keberatannya terhadap Pemerintah dan DPRD setempat. Dengan harapan, aktivitas apapun yang sifatnya penghancuran hutan kawasan Bukit Barisan supaya diberhentikan.

Secara tegas, Idham Hasibuan dan Samson Fareddy mencium adanya indikasi keterlibatan Kadis Kehutan dan Perkebunan Palas Ir Soleman untuk mempolitisir IPK Salim K Ahmad dengan modus mengolah sisa kayu dari izin tersebut, tetapi di lapangan terjadi penebangan baru.

Baca Juga :  Kelangkaan Pupuk Terjadi Di Mandailing Natal

Sementara petugas Kehutanan Solichin mengaku sesuai surat tugas yang ada, KP Barumun Jaya hanya menghabiskan sisa kayu dari izin IPK Salim K Ahmad. Sampai saat ini, kondisi kayu yang masih di lapangan dan sudah dibayar pajaknya sekitar 300 kubik lagi.

Sumber: http://www.harian-global.com/index.php?option=com_content&view=article&id=43913:penggundulan-hutan-palas-masih-berlanjut-masyarakat-khawatirkan-banjir-bandang&catid=32:sumut-dan-aceh&Itemid=58

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*