Penghitungan Suara Pilkada Kota Sibolga Rusuh – Tiga Kantor Kecamatan di Sibolga Dirusak Massa

Sibolga Selatan: Anarkis. Kata ini mungkin tepat untuk menggambarkan aksi yang dilakukan massa pendukung Afifi Halomoan, calon Walikota Sibolga Selatan, Sumatera Utara. Bagaimana tidak, hanya karena jagoannya kalah dalam penghitungan `real count`, mereka langsung mengamuk dan merusak kantor Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga Utara, dan Sibolga Sambas, Jumat (14/5).

Dalam penghitungan cepat yang dilakukan sebuah lembaga quick count, suara Afifi ternyata hanya menempati peringkat kedua, di bawah pasangan Sarfi dan Marudut (Sarma). Kekalahan ini membuat para pendukung Afifi marah. Mereka menduga terjadi penggelembungan suara di tingkat kecamatan. Itulah sebabnya, massa kemudian mendatangi dan merusak Kantor Kecamatan Sibolga Selatan, Sibolga Utara, dan Sibolga Sambas.

Mulanya, aksi massa sempat tidak terkendali karena jumlah personel keamanan yang minim. Namun, kerusuhan akhirnya mereda setelah hujan mulai turun dan secara perlahan membubarkan massa. Aksi perusakan ini disayangkan sejumlah pihak, mengingat sampai saat ini KPUD belum mengeluarkan hasil resmi pemilihan Walikota Sibolga Selatan periode 2010-2015.(ULF/AYB)

www.liputan6.com

Penghitungan Suara Pilkada Kota Sibolga Rusuh

Medan (ANTARA News) – Proses penghitungan suara di Komisi Pemilihan Umum Kota Sibolga, Sumatera Utara, diwarnai aksi lempar batu oleh massa pendukung salah satu pasangan calon wali kota dan wakil wali kota setempat.

Kepala Subbidang Dokliput Bidang Humas Polda Sumut AKBP M.P. Nainggolan ketika dimintai konfirmasi di Medan, Jumat, membenarkan terjadi kerusuhan di kantor KPU setempat yang diduga berawal dari ketidakpuasan salah satu pasangan calon atas hasil penghitungan suara.

Nainggolan mengatakan berdasarkan informasi sementara yang didapatkan dari pihak kepolisian setempat, massa pendukung pasangan calon itu melempari kantor KPU Kota Sibolga.

Namun, pihaknya belum dapat melakukan pemeriksaan terkait adanya kerusuhan itu, termasuk dalam menetapkan tersangka dan pihak-pihak yang bertanggung jawab.

“Selain itu, salah satu kantor camat di Sibolga juga dilempari massa,” katanya tanpa menyebutkan nama kantor camat tersebut.

Rencananya, kata Nainggolan, Kepala Biro Operasi Polda Sumut Kombes Pol. Anang Pratanto akan berangkat ke Sibolga untuk memantau perkembangan situasi di lapangan.

Kapolresta Sibolga AKBP Joni Sebayang yang dihubungi melalui telepon selularnya mengatakan pihaknya belum dapat memberikan keterangan karena sedang menenangkan massa.

“Nanti saja, saya sedang menenangkan massa,” kata AKBP Joni Sebayang.

Pemilihan Kepala Daerah Sibolga yang diselenggarakan pada 12 Mei 2010 itu diikuti lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, yakni Wilfren Gultom/Hazmi Simatupang (nomor urut 1), H.M. Syarfi Hutauruk/Marudut Situmorang (nomor urut 2).

Pasangan nomor urut 3, Afifi Lubis/Halomoan Hutagalung; Hotman Silalahi/Syahril Piliang (nomor urut 4); dan R.H. Sianturi/Ulam Raya Hutagalung (nomor urut 5).

Sumber: http://www.antara.co.id/berita/1273827511/penghitungan-suara-pilkada-kota-sibolga-rusuh

SARMA raih suara terbanyak pilkada Sibolga

SIBOLGA – Pasangan calon walikota Sibolga, M Syarfi Hutauruk/ Marudut Situmorang menyampaikan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada seluruh masyarakat Sibolga yang telah memberikan kepercayaan kepada duet politisi dan birokrat muda tersebut di pilkada Sibolga.

“Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, pelaksanaan Pilkada Sibolga telah berjalan dengan baik, lancar, aman, damai dan kondusif tanpa diwarnai insiden apapun. Artinya, rakyat Sibolga telah berhasil menjaga semangat kebersamaan, persatuan dan kekeluargaan kendati berbeda pilihan,” ungkap M Syarfi Hutauruk, tadi malam.

Berdasarkan catatan para saksi di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) se-kota Sibolga maupun catatan yang diupdate melalui perhitungan cepat (quick count) oleh lembaga independen bekerja sama dengan PKS yang hasilnya dapat dipertanggung jawabkan, karena human erornya diperkirakan cuma 0,3%.

Perolehan suara sementara untuk pasangan Syarfi Hutauruk/Marudut Situmorang (SARMA) berada di posisi teratas mencapai 20.441 suara atau sudah melebihi 30 persen dari total pemilih yang terdaftar di daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 65.517 pemilih yang tersebar di 183 TPS.

“Meskipun sifatnya masih sementara, tanpa mendahului keputusan KPUD Sibolga selaku pihak penyelenggara Pilkada, pada kesempatan ini kami menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap lapisan masyarakat Sibolga, teristimewa kepada pendukung dan simpatisan SARMA,” katanya.

Sesuai data yang diperoleh dari para saksi di 183 TPS di Sibolga, pasangan nomor urut 2 Syarfi Hutauruk/Marudut Situmorang menempati posisi tertinggi dengan perolehan suara sementara sebanyak 20.441 suara (46,17 persen).

Disusul pasangan Afifi Lubis/Halomoan Hutagalung sebanyak 17.411 suara (39,32 persen), peringkat ketiga ditempati pasangan nomor urut 5 RH Sianturi/Ulam Raya Hutagalung sebanyak 5.045 suara (11,39 persen).

Selanjutnya, pasangan nomor urut 1 Wilpren Gultom/Hazmi Arif Simatupang memperoleh 578 suara (1,31 persen) dan pasangan nomor urut 4 Hotman Silalahi/Syahril Piliang sebanyak 403 suara (0,91 persen).

Sementara data final desk pilkada diperoleh wartawan dari Pemko Sibolga pasangan urut 1 meraih 578 suara atau 1,31 persen, pasangan urut 2 meraih 20.441 suara atau 46,17 persen, pasangan urut 3 meraih 17.411 suara atau 39,32 persen, pasangan urut 4 meraih 403 suara atau 0,91 persen dan pasangan urut 5 meraih 5.045 suara atau 11,39 persen.

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=114138:sarma-raih-suara-terbanyak-pilkada-sibolga&catid=15:sumut&Itemid=28

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

1 Komentar

  1. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “fobia kerusuhan” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Fobia Kerusuhan ?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*