Peningkatan Jalan Veteran Kelurahan Pasar Sibuhuan Menuai Protes LSM

Palas | Proyek Peningkatan Jalan Veteran Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas) menuai protes dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan aktifis mahasiswa. Karena hasil pekerjaan peningkatan jalan tersebut diduga tidat sesuai spesifikasi , dan peningkatan jalan kabupaten tersebut terkesan asal jadi.

“Peningkatan jalan Veteran tersebut merupakan proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Pertambangan Energi Kabupaten Palas (PU Palas) Tahun Anggaran 2014, hasilnya diduga sesuai spesifikasi jalan kabupaten dan terkesan asal jadi,” ungkap Ketua LSM Lembaga Pemantau Pengawasan Pengkajian Pengelolaan Anggaran Daerah Sumatera Utara (LP-4 AD SU) Cabang Tabagsel Andi Marito Harahap, Minggu (4/1/2015).

Ditambahkannya, nilai proyek tersebut belum diketahui nilainya karena papan mereknya tidak ada lagi di lokasi proyek. Pihaknya sudah berusaha untuk melacaknya melalui website LPSE Kabupaten Palas, tetapi belum berhasil karena masih error. Andi menduga bahwa pada waktu pekerjaan jalan tersebut dikerjakan, material dari Lapis Pondasi Atas (LPA) tidak sesuai spesifikasi pada sisi kiri dan kanan.

Kemudian lapisan hotmix pada sisi kiri dan kanan terlalu tipis sehingga jalan terlihat berlapis dan tidak rata. Sehingga kuat dugaan bahwa pihak pengawas dari Dinas PU Palas dan rekanan kerjasama yang baik, sehingga jalan tersebut diserahterimakan 95 persen.

“Proyek tersebut sudah di PHO (serah terima) antara Dinas PU dan rekanan. Apabila proyek itu (peningkatan jalan veteran) milik pribadi , maka pemiliknya tidak akan menerimanya. Akan tetapi karena milik pemerintah, maka proyek tersebut diterima karena kerjasama yang baik tadi,” kesal Andi.

Baca Juga :  Marga Ritonga Bukan Untuk Ditawar-tawarkan

Maka harapannya, kepada Kepala Dinas PU Palas Ulil Fadil Nasution mengevaluai stafnya yang ditugas untuk mengawasi pekerjaan tersebut, dan tim PHOnya  serta rekanan juga dievaluasi dan diberikan  sanksi yang tegas.

“Kepala Dinas PU Palas harus mengevaluasi pihak-pihak yang terlibat dalam proyek peningkatan jalan veteran tersebut, sehingga pada masa-masa yang akan datang tidak terulang lagi,” pungkasnya.

Pantauan di lokasi, jalan veteran yang baru selesai dikerjakan sudah ada titik jalan anjlok. Dan sebagian besar jalan sisi kiri dan kanan jalan berlapis, sehingga permukaan jalan terlihat tidak rata.

/Sahat Gemayel Lubis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*