Penjualan PC Terjun Bebas

KOMPAS.com – Agaknya kelesuan industri PC masih terus berlanjut, kalau bukan tidak mau disebut memburuk. Laporan terakhir yang dipublikasikan lembaga riset itu menyebutkan bahwa angka pengiriman PC “terjun bebas” di kuartal pertama 2013.

Seperti dikutip oleh AllThingsD, lembaga riset IDC mencatat pengiriman (shipment) PC menurun sebesar 14 persen menjadi 76,3 juta unit. Angka itu jauh lebih buruk dibanding penurunan 7,7 persen yang diprediksi IDC sebelumnya.

“Penurunan kuartal ini merupakan yang terburuk secara year-on-year semenjak IDC mulai mencatat angka pengiriman PC sejak 1994,” tulis lembaga itu dalam laporannya. IDC juga menyebutkan bahwa hasil ini sekaligus menandai penurunan berturut-turut selama empat bulan terakhir.

IDC

Versi Windows terbaru dari Microsoft, Windows 8 dan produk-produk chip dari Intel dinilai gagal membangkitkan ketertarikan konsumen dan kalangan bisnis terhadap PC.

Menurut data IDC, produsen PC yang mencatat penurunan year-on-year terburuk adalah Acer yang pengirimannya turun 32 persen. Hewlett Packard yang menjadi pemimpin pasar mengalami penurunan shipment sebesar 24 persen.

Adapun Lenovo mencatat stagnansi pengiriman PC year-on-year, alias mencatat angka pertumbuhan 0 persen.

Firma riset Gartner juga mempublikasikan temuan serupa. Untuk pertama kalinya sejak 2009, menurut lembaga ini, pengiriman PC per kuartal turun di bawah 80 juta unit.

Angka pengiriman 79,2 juta unit yang dicatat lembaga ini merefleksikan penurunan 11,2 persen dibanding kuartal yang sama tahun 2012. Oleh Gartner, jumlah tersebut dikatakan sebagai penurunan yang “paling signifikan” sejak 2001.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Inilah Teknik Bom 'Populer' di Kalangan Teroris

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*