Penyeludupan Kayu Curian Dari Batumundom Kec. Batang Gadis Madina Ke Sibolga

91335355be2fa2dcfaf2bdcc5fd86fde0af924b Penyeludupan Kayu Curian Dari Batumundom Kec. Batang Gadis Madina Ke Sibolga
Balok tim illegal hasil curian menumpuk di tepi pantai Batumundom (Jum’at1/4), di kejauhan nampak Pulau Ilik. (Alarm)

Muara Batang Gadis, Penebangan liar dan pencurian kayu belakangan ini merajalela di Desa Batumundom Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Madina. Ditaksir selama beberapa bulan terakhir sudah ratusan M3 kayu diselundup ke Kota Sibolga Kab. Tapteng.

Mulanya gerombolan pencuri kayu menebang pohon rimba alam dari kawasan hutan negara, diolah menjadi batangan balok timlalu diangkut ke pantai tepi laut dekat Desa Batumundom. Di pantai Desa Batumundom yang ombaknya tenang karena dilindungi bentangan Pulau Ilik, kayu balok tim curian dikuat ke atas boat muatan 30-40 M3 sa’at menjelang maghrib, dan berlayar menjelang malam untuk tiba menjelang subuh di sawmil penadah di Kota Sibolga.

Kepala Desa Batumundom, Kazwan Siregar yang ditanya kasus illegal logging yang marak di desanya, terlihat berusaha berdalih mengelak. “Saya tak berani bertindak memangkap atau melapor, karena pemainnya gerombolan preman yang dibeking oknum aparat bersenjata”, ujar Kazwan Siregar sembari berlalu.

Polsek Muara Batang Gadis di Singkuang kelihatannya acuh dengan kasus pencurian dan penyelundupan kayu liar tersebut. Beberapa kali hendak dikonfirmasi, Kantor Polsek selalu kosong tak ada petugas.

Terpampangnya kasus kejahatan kehutanan tersebut di pandangan mata setiap warga yang melintas membuat beberapa tokoh masyarakat Muara Batang Gadis menyampaikan himbauan mereka melalui pers, “Akibat Muspika Muara Batang Gadis seolah tutup-mata, kasus ini menjadi contoh buruk tertib penegakan hukum dimata masyarakat pedesaan”, komentar mereka.  ( Morniff )

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Pengakuan 2 Tersangka Kasus Dugaan Korupsi PS Sidimpuan

1 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*