Penyiksaan TKI, Kementerian Luar Negeri Panggil Dubes Arab Saudi

Abdurrahman Mohammad Amen Al-Khayyath--RUMGAPRES/Abror/rj

Kementrian Luar Negeri (Kemlu) memanggil Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia yaitu Abdurrahman Mohammad Amen Al-Khayyath,  Senin  (15/11). Pemanggilan dilakukan untuk menyampaikan sikap pemerintah  Indonesia yang mengutuk penganiayaan terhadap seorang   Tenaga Kerja  Wanita (TKW) Indonesia di Madinah, Sumiati binti Salan Mustapa.

“Langkah diplomatik kita ambil dengan memanggil dubes Arab Saudi. Pemanggilan  dilakukan untuk menyampaikan bahwa kita mengutuk penganiayaan  terhadap  Sumiati,” ujar Direktur Diplomasi Publik Kemlu Michael Teene.

Lebih lanjut  Michael menerangkan, pihaknya telah mengambil langkah terhadap  perawatan medis yang diterima oleh Sumiati di Rumah Sakit King Fahd,  Madinah.

“Setelah mendapat informasi kasus ini pada 9 November kemarin, KJRI Jeddah mengunjungi Sumiati di rumah sakit. Kita  beri dampingan dan memastikan  Sumiati mendapat pelayanan medis yang  diperlukan. Selain itu, KJRI juga meminta seorang dokter yang secara  khusus memantau kondisinya,” papar  Michael.

Langkah  pendampingan juga dilakukan Kemlu terhadap keluarga Sumiati. Informasi  terkait kondisi Sumiati, 23, diberikan kepada keluarga. Michael  menambahkan pihaknya sanggup memfasilitasi keluarga korban untuk  memberikan dukungan kepada Sumiati.

Sumiati binti Salan Mustapa, asal Dompu, Nusa  Tenggara Barat disiksa bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Arab  Saudi sejak Juli 2010. Sumiati  disiksa oleh istri dan anak majikan.

Akibat tindak aniaya itu, Sumiati mengalami luka fisik yang serius di  sekujur tubuhnya. Bibir Sumiati digunting, kulit bagian kepalanya  mengelupas, dan  bekas luka tampak di wajahnya. Dengan kondisi yang  memprihatinkan tersebut, Sumiati dirawat di RS King Fadh di Madinah,  Arab Saudi.

Baca Juga :  FOTO EKSKLUSIF KOMPAS: Bocah Disandera Penjahat

Pada tanggal 8 November 2010, Konsulat Jendral Republik  Indonesia Jeddah menerima laporan tindak penganiayaan tersebut. (*/OL-2) (mediaindonesia.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*