Perayaan Jumat Agung Khidmat di Samosir

Samosir, (Analisa). Perayaan Jumat Agung yang berlangsung pada, Jumat (18/4) di Kabupaten Samosir berjalan aman dan khidmat. Beberapa gereja mendapat pengawalan dari Polres Samosir.

Pantauan Analisa di beberapa gereja seperti Katolik dan HKBP, beberapa petugas terlihat melakukan pengamanan. Namun, tidak terlalu banyak, hanya beberapa personel.

Acara kebaktian Jumat Agung sendiri sangat khidmat, sekitar seribuan jemaat sejak pagi sudah memadati gereja. Dan, untuk perayaan Jumat Agung di gereja HKBP mengambil tema “Bersama Dengan Aku di Firdaus”.

Pelaksanaan ibadah di HKBP sendiri berlangsung pukul 10.00 dan selanjutnya dilanjutkan dengan perjamuan kudus serta ibadah mengenang detik-detik kematian Yesus Kristus.

“Peringatan ini merupakan momentum betapa Tuhan Yesus sangat mengasihi manusia. Sebab, Yesus rela mati di kayu salib dan menderita karena dosa-dosa manusia,” kata Hamba Tuhan bermarga Manurung dari altar.

Dalam peringatan kematian Yesus, hamba Tuhan menjelaskan proses detik-detik penyaliban Yesus Kristus. Bagaimana Yesus ditangkap, dicambuk, dipaku, disalibkan, ditombak dan mati di kayu salib.

Ibadah sendiri semakin khidmat, karena hujan turun. Beberapa jemaat bahkan meneteskan air mata saat ibadah.

Kapolres Samosir AKBP Andry Setiawan saat dihubungi Analisa mengaku, pihaknya sudah wajib melakukan pengamanan terhadap gereja-gereja di Samosir terlebih dalam merayakan paskah.

“Menjaga semua gereja sudah wajib kami lakukan dalam perayaan paskah. Personil dan petugas juga telah disiagakan untuk itu,” katanya.

Baca Juga :  Bupati Simalungun Tidak Terbukti Suap Hakim MK

Andry juga meminta semua masyarakat bekerja sama dalam menjaga ketertiban dan keamanan bermasyarakat dan segera melaporkan adanya dugaan pelanggaran hukum dan gangguan keamanan terhadap polisi terdekat. (fra)

Sumber: analisadaily.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*