Perbedaan Exit Poll dan Quick Count Dalam Metode Hasil Hitung Cepat Pilpres 2014

Perbedaan Exit Poll dan Quick Count Dalam Metode Hasil Hitung Cepat Pilpres 2014. Hal menarik dari Pemilu Presiden 2014 kali ini adalah adanya perbedaan yang ditemukan antara hasil exit poll dengan quick count. Sebelumnya publik perlu mengetahui perbedaan keduanya agar tidak mengalami kerancuan saat membaca data antara exit poll dengan quick count.

Quick count atau hitung cepat adalah teknik hitung dengan mengambil sampel-sampel dari TPS yang ada. Hasilnya dinilai cukup presisi meskipun antar lembaga survey menunjukkan adanya perbedaan. Perbedaan ini wajar karena masing-masing lembaga menggunakan sampel yang mungkin berbeda untuk memproyeksi hasil suaranya.

Sedangkan exit poll adalah metode polling dengan cara menanyai pemilih setelah mereka keluar dari TPS. Para pemilih dipilih secara acak sebagai respondennya. Metode ini biasanya lebih sering digunakan untuk membuat klasifikasi data demokrasi untuk pemilih dari pada melihat siapa yang menang.

Dengan adanya metode yang berbeda maka tak mengherankan jika hasil exit poll bisa keluar lebih dahulu dari pada quick count. Dari sisi akurasi, data yang dihasilkan quick count lebih presisi karena mewakili suara faktual yang ada di TPS dari sampel yang didata. Sedangkan untuk exit poll lebih memberikan keterangan kepada kita tentang kategori pemilih dalam memilih kandidat capres yang ada.

Pada pilpres 2014 ini, ada 56 lembaga survei dan lembaga quick count yang disetujui KPU untuk menggelar exit poll dan hitung cepat. Penayangan hitung cepat baru bisa dilaksanakan pukul 13.00 WIB dan itulah hasil yang bisa dijadika referensi untuk melihat gambaran pilpres 2014. Meski demikian, keputusan terakhir tetap berada di tangan KPU./iBerita.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Nazaruddin Ditinggalkan Koleganya

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*