Perda Kawasan Tanpa Rokok Sulit Direalisasikan

Padangsidimpuan . Perda Nomor 7 Tahun 2012 tentang kawasan tanpa rokok yang diterbitkan Pemko Padangsidimpuan, masih sulit untuk direalisasikan. Kendati disambut baik masyarakat, khususnya para penggiat kesehatan di Padangsidimpuan, namun Perda itu belum dapat berjalan dengan alasan teknis. Informasi yang dihimpun MedanBisnis, Sabtu (29/8), beberapa tempat larangan merokok, berada di kawasan wajib bebas rokok seperti fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja dan tempat umum dan tempat lain yang ditetapkan.

Jauh hari sebelumnya, Perda larangan merokok di Padangsidimpuan telah disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat yang diikuti dengan penerbitan di media cetak.

Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan bersama RSUD FL Tobing Padangsidimpuan dan Satpol PP telah melakukan kerjasama untuk menjadikan RSUD tersebut sebagai daerah percontohan sebagai penerapan Perda Nomor: 7 Tahun 2012 itu beberapa waktu lalu.

Namun disayangkan, semua program tersebut sepertinya tidak berjalan, karena beberapa hari melakukan pantauan di RSUD Padangsidimpuan para pengunjung terlihat bebas merokok di sepanjang koridor kecuali di ruang perawatan.

Sama halnya di tempat proses belajar mengajar terlihat para petugas keamanan sekolah bebas merokok di kawasan itu dan pengakuan beberapa sisiwa bahkan ada guru yang mengajar sambil mengisap rokok.

Ditambah lagi di kios-kios milik sekolah yang disewakan kepada pihak ketiga juga bebas menjual rokok.

Baca Juga :  SDN 101140 Sungai Durian Butuh Ruangan Baru

Kabag Hukum Pemko Padangsidimpuan, Rahmat Marzuki SH ketika dihubungi melalui selulernya Jumat (28/8), membenarkan sulitnya penegakan Perda tersebut, apakah ada aturan lainnya atau yang sifatnya lebih teknis.

Dia mengakui, Pemko Padangsidimpuan belum memiliki regulasi turunan untuk Perda Nomor 7 Tahun 2012 itu. Tapi, kata dia, jika Pemko telah memiliki regulasi turunan untuk Perda tersebut, sangat dimungkinkan Pemko Padangsidimpuan merealisasikan Perda larangan merokok.


(ikhwan nasution)-MedanBisnis

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 4 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*