Peringatan HUT Pemkab Tapsel ke-60 Berlangsung Khidmat

Meski tengah berada dalam kondisi defisit anggaran Rp 91 M peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan ke-60 yang dipusatkan di lapangan bola Pintu Padang Kecamatan Batang Angkola Rabu (24/11), tetap berlangsung khidmat.

Bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu dan Komandan Upacara Zuhansyah Harahap SSTP.

Dalam amanatnya, Bupati Syahrul M. Pasaaribu memaparkan secara singkat sejarah hari jadi Kabupaten Tapsel yang diperingati setiap tanggal 24 Nopember.

Dikatakan, pada zaman penjajahan Belanda, Kabupaten Tapsel disebut sebagai afdeeling P. Sidimpuan yang dikepalai oleh seorang residen yang berkedudukan di Kota P. Sidimpuan.

Afdeeling Sidimpuan dibagi 3 onder afdeeling, masing-masing dikepalai seorang contreleur dibantu masing-masing demang yaitu onder afdeeling Angkola dan Sipirok berkedudukan di Sidimpuan.

Onder ini dibagi 2 onder distrik masing-masing dikepalai seorang asisten demang yakni distrik Angkola berkedudukan di Sidimpuan, distrik Batang Toru di Batang Toru dan distrik Sipirok berkedudukan di Sipirok.

Onder afdeeling Padang Lawas (Palas) berkedudukan di Sibuhuan. Onder ini dibagi atas 3 onder distrik masing-masing di kepala oleh asisten demang yaitu distrik Padang Bolak berkedudukan di Gunung Tua,, distrik Barumun dan Sosa berkedudukan di Sibuhuan dan distrik Dolok berkedudukan di Sipiongot.

Onder afdeeling Mandailing dan Natal berkedudukan di Kotanopan. Onder ini dibagi atas 5 onder distrik masing-masing dikepala oleh seorang asisten demang yaitu distrik Panyabungan berkedudukan di Panyabungan, distrik Kotanopan berkedudukan di Kotanopan, distrik Muara Sipongi berkedudukan di Muara Sipongi, distrik Natal berkedudukan di Natal, distrik Batang Natal berkedudukan di Muara Soma.

Baca Juga :  Kasus Dugaan Korupsi Sebesar Rp.6,771 Miliar di Padangsidimpuan Dilapor ke KPK

“Setelah RI menerima kedaulatan pada akhir tahun 1949, maka pembagian daerah administrasi pemerintahan mengalami perubahan. Semenjak awal tahun 1950, terbentuklah daerah kabupaten Tapsel yang berkedudukan di Sidimpuan, “katanya.

Ditambahkan, hingga saat ini Kabupaten Tapsel telah dimekarkan menjadi 1 Kota yaitu Kota Sidimpuan dan 3 Kabupaten yakni Madina, dan yang terbaru dengan UU Nomor 37 tahun 2007 dan UU Nomor 38 tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dan Kabupaten Padang Lawas (Palas).

Acara HUT dirangkai dengan melepas balon gas pemotongan nasi tumpeng dan penyerahan bantuan kepada kelompok masyarakat dan birokrat serta peresmian proyek pembangunan sumber dana PNPN 2010 oleh Bupati Tapsel. (analisadaily.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 10 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*