Perlu Perbaikan Dan Pelebaran Jalan Di Kec. Marancar

Mengingat sebentar lagi akan datang Hari Raya Lebaran dan diperkirakan banyak perantau akan Pulang Kampung ke Kec. Marancar termasuk ke wilayah Kec. Marancar Bagian Timur, maka Masyarakat Kec. Marancar termasuk yang diperantauan berharap Jalan dari Akses dari Kantor kecamatan Marancar Godang hingga sampai ke Desa AEK NABARA serta dari Kota Padangsidempuan – Sukarame – Sugijulu Hingga Tanjung Pasar Marancar dan Desa Aek Nabara bisa diperbaiki / Di Aspal dengan baik serta penambahan Lebar Jalan minimal 1 Meter ke Kiri dan 1 Meter Kanan agar Kendaraan lebih leluasi bila berpapasan sesama Kendaraan di Jalan yang begitu sempit ke Kec. Marancar.

Perbaikan serta peningkatan standar Mutu Jalan Tembus, Jembatan serta Pengairan setiap Jalan Raya/Jalan tembus hingga 300 meter menjelang suatu Jembatan dan setelah Jembatan perlu dilakukan.

Jalan Raya / Jalan Akses dan Jembatan yang paling berbahaya saat ini bila ke Kec. Marancar khususnya ke Marancar Timur jika dari arah Simpang Jalan SIbolga (Pertigaan Sipenggeng) menuju Desa yang paling ujung atau perbatasan dengan Kec. Sipirok adalah Desa Aek Nabara adalah Jembatan Menjelang Desa Marancar Godang atau setelah lewat sekolah Madrasah (Binanga), Badan Jalan (300 meter menjelang Jembatan Rura Maranggun) yang begitu sempit dan tebing, Jembatan Rura Maranggun dan Mulai Ujung Jembatan Rura Maranggun hingga Ujung Jembatan Sungai Aek Malakkut, Tanjakan menjelang wilayah Adian, dan Jalan dari Desa Sipenggeng / Adian hingga ke Pasar Marancar – Jalan seluruh Lingkar Pasar Marancar, Jalan 150 meter sebelum Ujung Jembatan SUNGAI MARANCAR dari arah Pasar Marancar dan setelah Jembatan Sungai Marancar hingga ke Desa Haunatas/Simaretung dan Desa Tanjungrompak, Jalan dari Desa Tanjungrompak hingga Aek Nabara Julu bahkan hingga Tempat Pariwisata AEK MILAS dipinggir jalan Aek Nabara.

Baca Juga :  Menejelang Bulan Ramadhan, Stok Beras Bulog Sidimpuan Aman

Jalan dan Jembatan yang perlu mendapat perhatian dari Pemda TK. I Tapanuli Selatan atau Pihak DEPHUB Perbaikan Jalan perlu memperbaiki dan memelihara Jalan Mulai dari Kota Podangsidempuan hingga Jalan tembus ke Desa Sukarame dengan Standar Mutu Aspal yang baik dan penambahan Lebar Jalan yang diaspal 75 cm baik dari sisi Kiri Jalan maupun dari meter dari Sisi Kanan serta memperbaiki Jembatan yang ada hingga Jembatan yang di desa Sugitonga serta peningkatan aspal jalan hingga ke Pasar Marancar.

Perbaikan jalan ini akan menambah puplikasi Kec. Marancar ke Dunia luar selain mengantisipasi menjelang Lebaran nanti yang akan diperkirakaan Orang Pulang Kampung dari Perantauan akan lebih banyak dari tahun sebelumnya ke Kampung ini.

Selain memperbaiki Jalan dan Jembatan di Daerah ini, diharapkan sarana Komunikasi dan Kelistrikan perlu diperhatikan agar komunikasi ke wilayah ini bisa terjangkau dengan komunikasi alat yang murah.
Seringnya Listrik padam di WIlayah Marancar ini khususnya di Wilayah Kec. Marancar Bagian Timur, perlu dicari solusi untuk pembuatan PLTA yang cukup tersedia SDA nya di wilayah Marancar bagian Timur ini, sehingga akan membantu penerangan jalan di sepanjang Jalan yang ada di Kec. Marancar.

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Semester Pertama Rapor Walikota P. Sidimpuan Merah

3 Komentar

  1. Saya tambahkan lagi , rencana lebaran thn ini saya akan mudik, tapi saya kl mau berkunjung ke aek nabara saya harus berpikir agak lama soalnya thn yg lewat jln menuju kesana masih seperti biasanya tdk ada perubahan mlh saya lihat makin parah saja , mulai dari adian bila naik kendaraan saya harus mengucapkan istigpar setia detik karna saya takutnya, memang saya bukan asli dari sana tapi istri saya berasal dari sana, saya aslinya dari mandailin natal, saya sangat prihatin dgn jln menuju kampung istri saya, maka untuk pemda setempat tlg lah secepatnya untuk memperbaiki jln trsbt biar kampung itu tambah maju seperti desa 2 lain nya, tarimo kasi busema atas mdg mangalehen kesempatn untuk berkomentar disini, tu hamu koum sasudena, wassalam

  2. Saya sangat2 setuju sekali dengan rencana perbaikan jln itu terutama ke aek nabara , soalnya jlnnya memang sudah parah sekali, saya sangat takut kl berkunjung keaek nabara sangat rawan kecelakaan kalau dilalui kendaraan, saya pernah jalan kaki mulai dari poken arba sampai ke aek nabara, kepada pemda setempat tlg diperhatikan jln yg saya sebut diatas jgn cuma rencana aja , jgn cuma jln kekantornya aja yg mulus sementara jln menuju desa terpencil dibiarkan rakyatnya jl kaki? Tarimo kasih horas

  3. HA HA Marancar suatu pemukiman yg tergolong UDIK tapi dah banyak lho yg go nasional he he h a.l Bomer Pasaribu dll… yah klo diingat dulu jalan kaki dari Pangarongan sampe ke Aek sabaon wah capek sekaliii.. lutut mau copot rasanya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*