Pernyataan Sikap IKKBM Jabodetabek Tentang Perkembangan Situasi Terkait Operasi Perusahaan Tambang Emas Di Batang Toru – Tapsel

IKATAN KEKELUARGAAN KECAMATAN BATANGTORU DAN MARANCAR (IKKBM)
JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG DAN BEKASI
Sekretariat : Jalan Swakarsa 111 Kompleks PU No. D-7 Jakarta Timur Telp : 021 8641175

PERNYATAAN SIKAP IKKBM JABODETABEK TETANG PERKEMBANGAN SITUASI
TERKAIT OPERASIONAL PERUSAHAAN TAMBANG MAS DI BATANGTORU TAPSEL

Mencermati perkembangan situasi terkait opersional proyek tambang emas (PT. Agincourt Resources/PT.AR) di Batangtoru, bersama ini IKKBM Jabodetabek menyatakan sikap sebagat berikut :

  1. Menghimbau semua pihak untuk menahan diri dan kiranya bersabar menunggu keputusan terbaik yang akan diambil pemerintah dan pihak perusahaan terkait operasional perusahaan tambang emas tsb.
  2. Pihak PT AR agar tidak mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang bisa memperkeruh situasi di masyarakat. Pihak PT. AR juga untuk sementara tidak melakukan PHK terhadap karyawan/pekerja outsourcing. Sedangkan karyawan/pekerja outsourcing yang sudah terlanjur di PHK agar dipekerjakan kembali seperti semula.
  3. Karyawan/pekerja out sourcing P.T AR/Kontraktornya agar tidak melakukan aksi-aksi unjuk rasa yang sangat mungkin menjadi penyulut konflik horizontai dengan masyarakat setempat.
  4. Pihak manajemen PT AR harus membuat surat pernyataan tertulis yang menyatakan bahwa tidak ada limbah berbahaya (yang melampaui ambang batas mutu yang dipersyaratkan) yang dibuang. PeNyataan ini harus ditanda tangani oleh Presiden Direktur PT AR dan Bupati Tapsel.
  5. Pihak-pihak terkait supaya meninjau kembali dokumen Amdal Perusahaan yang menjadi pedoman bagi pengelolaan lingkungan sekitar, terutama limbah buangan perusahaan. Untuk menghindari konplik, dokument Amdal harus mensyaratkan limbah cair tambang emas dibuang ke laut, bukan ke Sungai Batangtoru.
  6. Semua pihak yang bertanggungjawab ( terutama Pemkap Tapsel, Aparat keamanan, pihak yang member ijin kontrak karya kepada PT. AR, dan management perusahaan) dituntut segera mengembalikan situasi yang kondusif di Batangtoru dan Sekitarnya.
Baca Juga :  Warga Bantu Cari Korban Bus Masuk Jurang

Demikian surat pemyataan ini dibuat dan selanjutnya IKKBM Jabodetabek akan terus memantau perkembangan situasi di Batangtoru serta implementasi dari penyataan sikap LKKBM ini.
Jakarta, 4 Oktober

Pengururus IKKBM
Irsan Pasaribu – Ketua Umum
Muhammad Gultom – Sekretaris Umum
Terlampir nama-nama daftar peserta rapat pembuatan pernyataan IKKBM tsb di atas.

tambang2 Pernyataan Sikap IKKBM Jabodetabek Tentang Perkembangan Situasi Terkait Operasi Perusahaan Tambang Emas Di Batang Toru Tapsel
tambang1 Pernyataan Sikap IKKBM Jabodetabek Tentang Perkembangan Situasi Terkait Operasi Perusahaan Tambang Emas Di Batang Toru Tapsel
tambang3 Pernyataan Sikap IKKBM Jabodetabek Tentang Perkembangan Situasi Terkait Operasi Perusahaan Tambang Emas Di Batang Toru Tapsel

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

3 Komentar

  1. Dari nama2 tersebut saya tdk ada melihat tokoh marancar tuh yang diperantauan apalagi yang berasal dari poken arba dan sekitarnya,,, siapa tokohnya disitu… pedagang2 yang dari pasar senen dan Depok juga tdk ada tuh

  2. mmmmm bagus juga pernyataan ini mengatas namakan semacam LSM….. bahkan mewakili beberapa pernyataan atas nama kecamatan di Tapsel lagi hehehehe….

    Hanya orang marancar yang ada di nama-nama itu siapa ya namanya dan kampungnya di kec. Marancar dimana….
    rasanya hadirnyanya statment ini akan menambah dan lebih membingungkan berbagai masyarakat, apalagi kita ini di Perantauan dan wong identitas kita juga mungkin sudah Jabotabek kan….

    Yang saya tau ANDESMAR sebutan yang begitu identik dengan Putra/Putri Anak kecamatan Marancar tidak pernah membicarakan hal-hal LSM ini baik di beberapa website jejaring dunia maya atau di jaringan-jaringan sosial lainnya seperti grup BB, Grup jaringan Andesmar lainnya….
    Kalau memantau tentang gojalak pertambangan ini sih, semua Andesmar hampir rata-rata mengikuti perkembangan demi perkembangan yang terjadi dari nan jauh perantauan…

    Baiknya kita sikapi secara baik-baik saja dari perantaaun dan tidak mengeluarkan keterlibatan langsung dalam menyelesaikan permasalahan ini. Kalau sebatas memberi pandangan dan memberitahu aturan yang sebenarnya ke masyarakat serta memberi pandangan bagaimana dampak sosial terhadap lingkungan atas adanya tambang ini itu baik dan sah-sah saja…
    tapi kalau mengeluarkan statment seperti diatas sebaiknya perlu kehati-hatian dan koordinasi diantara semua para perantau yang ada di Tano Perserakan… apalagi mengatas namakan Daerah kecamatan heheheheh…. sebaiknya jangan dululah…. Tuntutan masyarakat hanya mau agar kehadiran Tambang Emas Batangtoru tidak merusak Lingkungan di Kecamatan sekitarnya, tidak membawa dampak sosial negatif di masa yang akan datang (perbandingan dan pengalaman penambangan oleh perusahaan diberbagai pelosok di Indonesia ini, biasanya masih berdampak kurang baik secara jangka panjang), AKuntansi Sosial benar-benar dilaksakan perusahaan Penambangan, AMDAL yang jelas dan transparan dibuat apakah layak atau tidak. Tidak semerta-merta hanya melihat kepentingan Bisnis dan Pemerintah serta Nilai Uang dalam tambang ini namun harus melihat bagaimana setelah 30 atau 50 tahun yang akan datang…..

    Tanpa mengurangi rasa hormat dan semangat sebaiknya tolong diberitahu dasar apa LSM ini, dasar mengatasnamakan Kec. Marancar serta yang menguatkan bahwa LSM ini diterima oleh Masyarakat khususnya Orang-orang Marancar yang berada di tano parserakan dan kalau organisasi LSM ini resmi secara hukum, biar teman-teman Orang Marancar yang asli yang ada di Jabotabek ini bisa memantau LSM ini bisa diterima oleh Masyarakat Marancar yang ada di JABOTABEK ini atau tidak….
    Dan Khusus orang-orang Marancar yang menjadi bahagian LSM ini sebaiknya agar lebih berhati-hati mengatasnamakan Luat Marancar, karena banyak pihak mengatasnamakan Kec. Marancar hanya untuk kepentingan Pribadi, kelompok dan Golongan, dan bukan u kepentingan Masyarakat Luat Marancar secara keseluruhan.

    Sekali lagi terobosan LSM merupakan salah satu bentuk tingkat perhatian terhadap masyarakat dan Lingkungan dimana tanah kelahirannya masing-masing…. dan selamat berjuang…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*