Perpustakaan Madina terima bantuan buku

Perpustakaan sembilan pondok pesantren dan  sepuluh perpustakaan desa di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), tahun ini menerima bantuan buku dari pemerintah.

“Kita telah mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk memberikan bantuan buku, sehingga desa dan pondok pesantren tinggal menyiapkan tempat saja,” kata Kepala Kantor Perpustakaan Madina, Miswar, tadi sore.

Miswar mengatakan, untuk tahun ini sudah masuk tahap ke dua perpustakaan akan menerima bantuan komputer dan buku. Sedangkan tahun lalu diterima 1.000 eksamplar buku sekitar 500 judul. Sehingga total buku yang dimiliki perpustakan 7.000 judul dan 21.000 eksamplar buku.

Sementara untuk mobil perpustakaan keliling baru dua unit dengan luas wilayah 23 kecamatan. “Kalau untuk mobil perpustakaan keliling masih sangat kurang, minimal harus empat unit yang akan dibagi perwilayah,  yakni Mandailing, Mandailing Julu, Siabu, dan Pantai Barat,” terangnya.

Sedangkan minat baca masyarakat, katanya, mulai ada peningkatan mencapai 3.000 orang, ditambah lagi pembaca yang belum memiliki kartu. “Untuk saat ini pembaca yang datang keperpustakaan mencapai 100 hingga 150 orang perhari. Kalau tahun lalu masih 50 sampai 75 pembaca,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, dengan kehadiran perpustakan, banyak mamfaat dirasakan masyarakat dengan bisa menimba ilmu yang bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari, terutama buku-buku tentang pertanian, peternakan, dan perkebunan. (waspada.co.id)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Walikota P.Sidimpuan: PNS Harus Miliki Dedikasi Tinggi dalam Menjalankan Tugas

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*