Pertemuan Pendeta dan Pastor se-Tapsel – Kerukunan Beragama di Tapsel Baik & Teruji

SIDIMPUAN- Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKAG) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) menggelar pertemuan para pendeta dan pastor se-Kabupaten Tapseldi Hotel  Bumi Asih, Selasa (10/5). Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Tapsel Ir H Aldinz Rapolo Siregar mengaku bahwa kerukunan antar umat beragama di Tapsel sangat baik dan teruji.

10340192a65c9d5604fae495c4f3c4ade5ebf919 Pertemuan Pendeta dan Pastor se Tapsel Kerukunan Beragama di Tapsel Baik & Teruji
Wabup Tapsel foto bersama dengan BKAG Tapsel serta para pendeta dan pastor pada pertemuan pendeta dan pastor se-Tapsel, Selasa (10/5).

Pertemuan tersebut diikuti 108 pendeta dan pastor dari 17 denominasi Gereja di Kabupaten Tapsel dan mengangkat tema “Memperlengkapi Umat Bagi Pekerjaan Pelayanan dan Pembangunan Tubuh Kristus” (Efesus 4:12). Dalam sambutannya, Kakan Kemenag Tapsel yang diwakili Kasi Bimas Kristen Pdt Hobby Napitupulu SPak mengharapkan agar tercipta kebersamaan yang kokoh di antara pendeta untuk ikut serta membangun umat di Tapsel.

Pertemuan juga diisi dengan ceramah oleh Ketua Umum BKAG Tapsel Pdt Togar Satria Simatupang MTh. Dalam makalahnya Togar menjelaskan bahwa selama ini semua Gereja bersama-sama BKAG berjuang untuk membangun umat dan masyarakat Tapsel melalui berbagai kegiatan dan ke depan BKAG akan berusaha lebih maksimal untuk membangun umat.

Sementara, Wakil Bupati Tapsel Ir H Aldinz Rapolo Siregar dalam ceramahnya menjelaskan, peranan pemimpin agama sebagai motivator dapat mendorong suksesnya kegiatan pembangunan seperti pembangunan rohaniah. “Para pemimpin agama seyogyanya memberikan wawasan kepada masyarakat dalam meraih prestasi dan mewujudkan pembangunan. Peran serta para pendeta tidak bisa dipisahkan sebagai pemuka agama dan apa yang disampaikan oleh para pendeta akan lebih mudah diterima umat, karena kedekatan psikologis yang telah ada sebelumnya,” ujarnya seraya mengatakan bahwa kerukunan antar umat beragama di Tapsel sangat baik dan teruji.

Baca Juga :  Warga Tanggabosi Blokade Jalan PT SM,Dan sempat menahan pilot .

Selanjutnya, Ephorus GKPA yang juga Penasehat BKAG Tapsel Pdt AL Hutasoit MA menyampaikan, selama ini kebersamaan telah dibangun di Tapsel dengan melakukan aksi bersama seperti Natal Bersama dan Paskah Bersama. “Tapi jauh lebih penting jika kita melakukan aksi bersama untuk menjawab persoalan yang sedang kita hadapi, misalnya kemiskinan, penderitaan dan juga isu lingkungan hidup,” ucapnya.

Seluruh sesi ceramah juga diisi dengan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Pertemuan  yang berlangsung sehari ini dibuka dan ditutup Ketua Umum  BKAG Tapsel Pdt Togar Satria Simatupang MTh diawali dengan kebaktian pembukaan dan diakhiri dengan kebaktian penutupan. Usai ceramah dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dengan mangulosi Wabup Tapsel Aldinz Rapolo Siregar oleh Pdt Togar serta pendeta lainnya. (phn/ara)

SUmber: metrosiantar.com

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*