Perubahan Aturan F1 Alonso: F1 2011 Bakal Sukses dan Menarik

Pebalap Ferrari, Fernando Alonso, yakin bahwa perubahan peraturan Formula 1 akan membuat kompetisi balap mobil paling bergengsi tersebut semakin seru. Pasalnya, penggunaan sayap yang bisa bergerak serta pemakaian kembali kinetic energy recovery systems pada musim depan membuat aksi overtaking semakin kerap terjadi.

2159282620X310 Perubahan Aturan F1 Alonso: F1 2011 Bakal Sukses dan Menarik
Pebalap Ferrari, Fernando Alonso.

Perangkat sayap yang bisa digerakkan itu akan memungkinkan para pebalap mengaktifkan F-duct ketika berada di belakang sebuah mobil sehingga bisa meningkatkan kecepatan pada sebuah garis lurus dibandingkan lawannya—yang tidak bisa menggunakan perangkat sayapnya dalam bertahan. Nah, sejalan dengan itu, dengan adanya inisiatif baru tersebut, KERS akan diperkenalkan lagi setelah satu tahun absen.

Sebenarnya, percobaan-percobaan sebelumnya untuk mengubah balapan F1, seperti perubahan aerodinamika pada tahun 2009, tak terlalu sukses. Namun, menurut Alonso, paket peraturan baru tersebut akan sukses.

“Seharusnya, secara normal perubahan aturan F1 setiap tahun akan membuatnya semakin spektakuler sehingga ada manuver overtaking dan menyajikan pertunjukan yang lebih bagus,” ujar juara dunia 2005 dan 2006 tersebut, dalam sebuah wawancara Ferrari.

“Benar bahwa pada 2011 ada dua perubahan besar pada peraturan, yaitu KERS dan sayap belakang yang bisa digerakkan ketika kita memiliki sebuah kesempatan untuk menyalip. Saya pikir itu adalah kombinasi yang memberikan kami sebuah kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil di depan.

“Oleh karena itu, saya yakin tahun depan, aturan tersebut akan membantu overtaking dan kami akan memiliki sebuah pertunjukan yang lebih baik kepada semua orang.”

Baca Juga :  Satlantas Polres Madina Berlakukan PP 50/2010

Pebalap Spanyol ini menambahkan, kombinasi KERS, sistem sayap, dan perubahan ban dari Bridgestone ke Pirelli menjadi sebuah tantangan besar bagi para desainer tim. Mereka akan berusaha memastikan mobilnya pada musim 2011 bisa maksimal dengan tiga hal baru tersebut.

“Salah satu hal penting adalah masalah ban, di mana secara normal akan mengubah kebiasaan mobil, sehingga kami harus yakin bahwa Pirelli memiliki koordinat yang bagus dengan mobil kami,” ujar Alonso.

“Kemudian kami memiliki KERS, yang kembali lagi setelah 2009, dan pada 2011 akan menjadi sebuah hal penting untuk menyalip dan juga performa kami. Kami perlu menemukan cara untuk mempersiapkan mobil sehingga penggunaan KERS berjalan baik,” lanjutnya.

“Kemudian ada sayap belakang yang bisa digerakkan, yang akan membuat pertunjukan menjadi lebih baik, serta ada sebuah area baru untuk bereksperimen dan mengeksploitasi penampilan kami.”

(kompas.com)
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*