Pesan dan Kesan Para Tokoh: Film Toba Dreams Karya TB Silalahi Menarik dan Sarat Makna


Jakarta – Toba Dream, sebuah film Indonesia dengan genre drama yang akan resmi tayang akhir April 2015,  sepertinya dapat menjadi tontonan yang sayang dilewatkan  keluarga Indonesia. Film yang diangkat dari novel Toba Dreams karya Tebe Silalahi ini mampu digarap dengan apik oleh sutradara Benny Setiawan menjadi sebuah tontonan yang menarik dan sarat makna. Didukung artis sekaliber Mathias Muchus, Jajang C Noor, Vino Bastian dan Marsha Timothy, film berdurasi dua setengah jam ini pun tak membosankan. Dengan gaya khas bicara dan kehidupan orang Batak yang keras dan terus terang, didukung latar belakang keindahan Danau Toba, membuat kita hanyut dalam tawa tapi juga  air mata.

Setidaknya hal ini tergambar dari sekitar 500 penonton yang memadati studio premier dan studio 2 Jakarta Teatre Kamis, 16 Apil 2015. Wartawan SIB yang berkesempatan menonton film ini menyaksikan langsung betapa antusiasnya para penonton yang datang dari berbagai kalangan itu. Umumnya mereka sangat puas dengan tokoh Tebe, seorang pensiunan sersan yang diperankan oleh aktor kawakan Mathias Muchus yang harus menghadapi realita hidup susah setelah pensiun, ditambah dengan pemberontakan anak tertuanya Ronggur yang diperankan oleh Vino Bastian. Terpaksa harus meninggalkan asrama karena pensiun, Tebe tidak punya pilihan lain selain memboyong ketiga anak dan istrinya kembali ke kampung halamannya di Balige. Pemberontakan sang anak pun berujung pada keterlibatannya dalam jaringan mafia besar.

Para penonton yang ditemui SIB usai pertunjukan umumnya mengaku sangat terhibur dan memahami makna dan pesan dari film ini.

Berikut beberapa pesan dan kesan para tokoh/pejabat dan masyarakat yang ditemui SIB usai menyaksikan film Toba Dreams di Jakarta Teater, Kamis (16/4).

Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo

“Film Toba Dreams layak dan penting ditonton  seluruh prajurit TNI di mana pun berada. Sosok pensiunan sersan Tebe yang diperankan dengan baik di film ini patut diteladani. Sosok sersan Tebe adalah sosok prajurit yang jujur, penuh integritas, loyal dan penuh pengabdian kepada bangsa, negara, juga keluarga,”.

Baca Juga :  RBT Tembus 1 Juta, BCL Pun Senang

Ketua PGI Pendeta DR Henriette Tabita Lebang
” Film Toba Dreams sangat mengesankan dan penuh  pesan yang sangat baik. Film ini juga menggambarkan sikap toleran antara umat yang berbeda suku dan agama yang terjaga dan terpelihara dengan baik. Hal terpenting lainnya adalah bagaimana membangun komunikasi  baik antara anak dan orang tua dalam satu keluarga utamanya dalam  menghadapi kemajuan zaman dan perkembangan teknologi saat ini”.

Lambok V. Nathan, Deputi Staf Kepresidenan

“Saya terharu menyaksikan film ini karena sarat dengan nilai nilai budaya, agama, adat istiadat dan tanggungjawab. Pesan lainnya adalah agar setiap orang tua memberi waktu khusus untuk keluarga dan anak anak serta menanamkan nilai nilai kerukunan beragama dan kesadaran akan bahaya narkoba”.

Cosmas Batubara, Mantan Menteri Perumahan Rakyat

“FilmToba Dreams yang digarap dan diperankan para aktor profesional menyampaikan pesan betapa pentingnya membangun komunikasi dua arah antara anak dan orang tua. Pentingnya memelihara dan melestarikan nilai budaya dan pentingnya toleransi serta kesadaran akan  bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika menjadi pesan penting film ini”.

Gubernur Lemhanas Prof DR Ir Budi Susilo Soepandji DEA

“Film Toba Dreams sangat memberi pesan yang bagus di  bidang lingkungan hidup, pariwisata, dan budaya. Pentingnya memelihara serta mencegah pencemaran lingkungan khususnya Danau Toba sebagai tujuan wisata. Secara umum film ini sangat bagus dan sangat layak ditonton generasi muda”.

Anggota DPD dari Sumut Parlindungan Purba

“Tebe Silalahi sebagai penulis naskah mampu menerjemahkan realita hidup dan permasalahan umum masyarakat ke layar lebar. Pesan film drama keluarga ini pun sarat makna. Salah satunya adalah bagaimana generasi muda yang hidup di zaman serba modern dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat dididik untuk bertanggungjawab”.

Mantan Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar
“Saya melihat ada tiga dimensi yang sangat menarik dan diperankan dengan baik dalam cerita ini. Pertama, bagaimana keluarga dengan adat istiadatnya mendidik dan memengaruhi kehidupan dengan bagus. Kedua,  bagaimana Danau Toba yang sangat indah  dijaga dan dipelihara sebagai destinasi wisata, serta ketiga,  betapa pentingnya memahami pendidikan dari berbagai unsur. Musik yang diaransemen Viky Sianipar dalam film ini juga sangat bagus”.

Baca Juga :  Global TV Tolak Mediasi dengan Ahmad Dhani

Robert Nyo (Pengusaha)
“Luar biasa, film ini wajib ditonton keluarga Indonesia umumnya dan keluarga Batak khususnya. Pesan terpenting dari film ini adalah perlunya membangun komunikasi yang baik antara anak dan orang tua dalam sebuah keluarga. Toba Dreams ini juga mengingatkan kita khususnya generasi muda betapa pentingnya integritas agar terhindar dari bahaya peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba”.

Wesly Silalahi, Pengusaha, Balon Wali Kota Siantar

“Film ini sarat pesan, bukan hanya bagi generasi muda, tapi juga untuk orang tua. Relasi dan komunikasi yang baik antara anak dan orang tua menjadi faktor penting dalam membentuk karakter dan integritas anak. Film yang menginspirasi ini harus ditonton  keluarga Indonesia umumnya dan Batak khususnya”.

Halomoan Siahaan dan Istri Linda Sianipar

“Saya terharu dengan cerita ini. Di sini digambarkan umumnya orang Batak dididik keras dan penuh disiplin. Sesungguhnya ini adalah cerita realita kehidupan masyarakat umumnya yang digarap dengan luar biasa sehingga enak dan menarik untuk ditonton. Selain alur cerita yang tertata baik, film ini juga menampilkan keindahan alam Danau Toba dengan balutan musik dan lagu Batak yang diaransmen musisi berbakat Vicky Sianipar”.(BR7/c)

/SIB

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

2 Komentar

  1. Ini film oke banget…benar benar berhasil mengaduk aduk emosi penonton…ketika si ronggur dimarahi oleh bapaknya, serasa kita yang kena semprot…ah pokoknya nonton berkali kali juga gak bosan…

  2. Film yang wajib ditonton..cerita yang nyata terjadi dalam kehidupan masyarakat.. ada lucu dan sedih.. film yang menampilkan indahnya danau toba dan aransmen musik yg luar biasa..wajib ditonton.. jaya film Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*