Pesawat Garuda Tertabrak Truk Cargo di Bandara Schipol Amsterdam

Pesawat Garuda, nomor penerbangan GA 089 yang melayani penerbangan dari Amsterdam ke Jakarta tertabrak truk cargo di Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda. Kejadian ini berpengaruh pada pada rotasi pesawat yang dioperasikan oleh Garuda.

Pesawat Garuda itu tertabrak pada pada Kamis 2 September 2010 lalu.

“Akibat kejadian tersebut, pintu kargo pesawat Garuda mengalami kerusakan (damage) dan pesawat tidak dapat diberangkatkan,” ujar VP Corporate Communications Garuda Pujobroto dalam rilis yang diterima detikcom, Sabtu (4/9/2010).

Menurut Pujo, agar para penumpang tetap dapat berangkat, Garuda menerbangkan para penumpang GA 089 tersebut ke beberapa penerbangan lain. Bahkan beberapa penumpang yang tidak jadi berangkat diinapkan di hotel sekitar bandara.

Saat ini pesawat yang tertabrak masih berada di area bandara Schipol karena memerlukan perbaikan sekitar 3 hingga 4 hari. “Untuk perbaikan diperlukan spare parts yang akan didatangkan dari pabrik Airbus,” imbuhnya.

Pujo sangat menyesalkan peristiwa ini yang terjadi di bandara internasional yang sudah maju. Dia juga melihat ada keteledoran dari pihak Bandara Schipol.

“Seharusnya hal seperti ini tidak perlu terjadi,” tegasnya.

Dengan adanya satu pesawat yang saat ini masih memerlukan perbaikan di Amsterdam, maka demi menjaga kualitas layanan penerbangan ke Amsterdam, Garuda harus menggunakan pesawat A 330-200 yang lain, yang saat ini dioperasikan ke rute penerbangan lain.

“Rute penerbangan yang terpaksa diganti pesawatnya antara lain penerbangan Garuda ke Sydney dan Melbourne yang harus diganti pesawatnya dari A330-200 menjadi B 747-400,” jelasnya.

Baca Juga :  Sudan Selatan Jadi Negara Baru

(did/nwk)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/09/04/225725/1435144/10/pesawat-garuda-tertabrak-truk-cargo-di-bandara-schipol-amsterdam?991101605

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 9 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*