Peta Kekuatan Parpol Pendukung Ahok, Agus Yudhoyono dan Sandiaga

Img. Lipsus Kompas
Img. Lipsus Kompas

Jakarta – Pilgub DKI Jakarta akan diikuti tiga pasangan calon gubernur/calon wagub. Para calon diusung 3 koalisi terpisah dengan dukungan terbesar dimiliki petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

Ahok-Djarot

Setelah mengantongi dukungan tiga partai yakni NasDem, Hanura dan Golkar, kekuatan calon pasangan ini bertambah dengan dukungan yang diberikan PDI Perjuangan pada Selasa (20/9).

Total kursi keempat fraksi di DPRD DKI mencapai 52 kursi. Rinciannya PDIP (28 kursi), Hanura (10 kursi), Golkar (9 kursi) dan Nasdem (5 kursi).

Pasangan Ahok dan Djarot juga punya tingkat keterpilihan teratas berdasarkan hasil sejumlah survei. Dalam simulasi Poltracking diketahui elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (37,95%) bila berhadapan dengan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang mendapatkan 36,38% suara responden.

Agus Harimurti Yudhoyono-Slyviana Murni

Calon pasangan yang diumumkan saat injury time pendaftaran calon di KPUD DKI punya dukungan 28 kursi dari total 106 kursi di DPRD DKI.

Pasangan ini didukung PPP (10 kursi), Demokrat (10 kursi), PKB (6 kursi), dan PAN (2 kursi).

Namun belum ada lembaga survei yang mensimulasikan duet Agus-Sylviana. Namun nama Sylviana yang kini menjabat Deputi Gubernur DKI Bidang Kepariwisataan dan Kebudayaan pernah disimulasikan namanya berpasangan dengan Budi Waseso pada survei yang dilakukan Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI).

Baca Juga :  Hati Hati Provokasi Politik-SARA di Media Sosial

Dari hasil survei simulasi pada 22-28 Agustus 2016, LSPI merilis petahana Ahok-Djarot memuncaki peringkat dengan hasil 46,7 persen mengalahkan nama lain yakni Yusril Ihza – Sandiaga Uno (34,5 persen) dan Budi Waseso – Sylviana Murni (7,2 persen).

Sandiaga Uno

Tersisa koalisi dua parpol yakni Gerindra dan PKS. Meski paling kecil, koalisi ini sudah memenuhi syarat minimal 22 kursi untuk mengusung calon. Gerindra memiliki 15 kursi dan PKS dengan 11 kursi.

Tapi siapa pendamping Sandiaga? Gerindra tak menjawab lugas. Anies Baswedan disebut-sebut menjadi calon kuat. Apalagi Anies datang dalam rapat petinggi kedua parpol di kediaman keluarga Prabowo Subianto di Jl Kertanegara, Jaksel.

“(calon yang diusung, red) Yang hadir malam ini,” jawab singkat Sekjen Gerindra Ahmad Muzani kepada wartawan di kediaman keluarga Prabowo Subianto di Jl Kertanegara, Jaksel, Jumat (23/9/2016).
(fdn/fdn)


KOMPAS.COM

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 3 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*