Petani di Kab. Madina Berharap Harga Kakao Dapat Bertahan

Panyabungan, (Analisa)

Masyarakat petani kakao di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berharap agar harga kakao kering tetap bertahan di kisaran Rp. 26.000 per kilogram, seperti yang sudah berlangsung beberapa bulan terakhir.

Harapan itu disampaikan salah seorang petani kakao Asron (55) warga Kelurahan wek II Panyabungan Kecamatan Panyabungan kepada wartawan, Jumat (22/1) di Panyabungan.

Dikatakannya, hasil kebun kakao selama ini sangat membantu menambah dan menopang perekonomian keluarganya. Meskipun pada saat sekarang kebun kakaonya sebagian dalam tarap peremajaan, namun ia mengakui bahwa tetap memanen hasil dari kebunnya.

Lebih jauh Asron menjelaskan bahwa saat sekarang ini petani banyak menghandalkan kebun kakao karena bisa di panen setiap minggu dengan cara perawatannya sangat mudah dalam jangka waktu dua tahun kakao sudah dapat berbuah.

Oleh sebab itu ia berharap kepada pemerintah kiranya bisa terus membantu petani dalam rangka memberantas hama kakao seperti melalui program Gerakan Nasional (GERNAS) kakao, namun di lain pihak pemerintah juga harus tetap mempertahankan harga, karena kakao merupakan salah satu komidi andalan Kabupaten Mandailing Natal.

Selain itu ia juga berharap kiranya pemerintah memberikan bantuan bibit kakao agar para petani semakin terangsang untuk menggalakkan kebun kakao dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat petani.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sammas Hasan Harahap warga Kelurahan Simangambat Kecamatan Siabu, ia juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Madina melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan untuk dapat memberikan bantuan kepada para petani kakao terutama dalam penyedian bibit serta obat-obat untuk memberantas hama yang menyerang pohon kakao masyarakat. (sah)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Di Tapsel Banyak Desa Belum Dialiri Listrik

1 Komentar

  1. kakau memang hebat !!!!!
    mau lebih dahsyat klik disin http://superorganik.com/
    bintang kencana indonesia
    perangsang bunga
    perangsang tumbuh
    coba buktikan dan bandingkan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*