Petani di Sipirok, Masuki Masa Tanam

Selasa, 12 Januari 2010 – www.metrosiantar.com

Petani di Sipirok, Masuki Masa Tanam (foto Illusatrasi dari; www.i3.photoblog.com)

SIPIROK-METRO; Para petani di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), sudah memasuki masa tanam. Dan curah hujan yang cukup tinggi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air guna memudahkan proses pengolahan lahan.

Anwar (40) salah seorang petani, mengatakan, dengan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini menjadi berkah tersendiri bagi mereka selaku petani, karena dalam proses mengeola lahan menjadi siap tanam, baik menggunakan mesin hand traktor maupun dengan cara tradisional (cangkul) tentu sangat memerlukan ketersediaan air.

“Curah hujan yang cukup tentu sangat membantu, karena pengairan di sinikan belum maksimal dan pertanian masih tergantung dengan curah hujan,” ujarnya.

Warga lain A Siregar (22) mengatakan hal yang sama, dengan curah hujan yang mencukupi proses penanaman di lahan milik keluarganya dapat dilaksanakan dengan cepat. “Biasanya untuk memasukkan air ke lahan harus menunggu giliran, bahkan harus rela jaga malam agar esoknya bisa diolah dan begitulah seterusnya hingga proses penanaman,” ujarnya. (ran)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 12 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*