Petani P Sidimpuan Diajak Pola Tanam Padi Legowo 4-1

Menanam Padi (Illustrasi Google)

P Sidimpuan. Para petani di Padangsidimpuan diajak mengikuti pola cocok tanam legowo 4-1. Selain hasil panen lebih memuaskan, padi petani akan teratur, dapat mengurangi serangan hama terutama tikus. “Kalau semua petani mau memengikutinya Insyah Allah hasil panennya akan bertambah dibandingkan dengan cara pola tanam yang tradisional (biasa) dan sudah dibuktikan oleh para kelompok tani bianaan kita. Selain memakai bibit unggul serta pola tanam legowo 4-1, padi petani akan teratur, dapat mengurangi serangan hama terutama tikus, sebab sudah mempunyai jarak tanam sehingga cahaya matahari akan membuat areal padi lebih terang membuat tikus tidak suka,” kata Lurah Timbangan Hj Masreni Siregar.

Badan Ketahanan Pangan (Ketapang) Dan Holtikultura Kelurahan Timbangan beserta Kelompok Tani Rukun Kelurahan Timbangan Kecamatan Padangsidimpuan Utara, belum lama ini, melakukan panen bersama padi jenis inpan sejenuk dengan pola cocok tanam legowo 4-1 di persawahan Kelurahan Timbangan.

Lurah Timbangan Hj Masreni Siregar, Kabid Teknis Badan Ketapang Dan Hortikultura Faisal Lubis, Babinsakamtibmas Bripka Ali Yunus Harahap, Ketua kelompok Tani Rukun Hasan Basri Harahap beserta anggotanya turun langsung melaukukan panen padi tersebut.

Masreni Siregar mengatakan panen padi seperti ini sudah berulang kali dilakukan terutama di Kelurahan Timbangan dengan pola tanam padi legowo 4-1.

Kepala Badan Ketapang Dan Hortikultura, M H Soleh Nasution, melalui Kabid Teknis Faisal Lubis menambahkan pihaknya terus melakukan pembinaan dan peyuluhan pada para petani yang ada di Kota Padangsidimpuan ini terutama bagi mereka yang sudah tergabung pada kelompok tani agar mau menerapkan pola tanam padi legowo 4-1 yang sudah terbukti dapat meningkatkan hasil panen para petani.

Baca Juga :  Bungkam Argentina, Jerman Juara Piala Dunia 2014

“Selama ini banyak para petani kita yang mengeluh tidak mendapatkan penyuluhan dari PPL serta kesulitan untuk mendapatkan pupuk, itu tidak benar. Kalau para petani tersebut sudah masuk dalam satu kelompok tani yang ada di desa dan kelurahannya pasti kita berikan penyuluhan bagaimana cara bercocok tanam yang baik, begitu juga untuk mendapatkan pupuk pasti kita bantu,” ujarnya.

Faisal juga menambahkan, dengan pola tanam padi legowo 4-1 dalam perhektarnya memperoleh hasil panen minimal 6 ton sesuai dengan yang ditargetkan di Kota Padangsidimpuan.

Ketua kelompok Tani Rukun Kelurahan Timbangan Hasan Basri Harahap mengatakan, keberhasilan yang diperoleh pada panen tersebut tidak terlepas dari kerja keras melakukan pembinaan pada anggota. “Kita menuruti semua yang disarankan,” katanya.


MedanBisnis – (ikhwan nasution)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*