Petani Sambut Baik Program Jides – Diharapkan Bantu Peningkatan Pertanian

Kerjakan Irigasi Terlihat dalam foto Babinsa dari Koramil 12/Siabu bersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Madina sedang memeriksa pekerjaan para kelompok penerima dan Refocusing Bansos Departemen Pertanian dan salah satu kelompok tani sedang mengerjakan jaringan irigasi desa mereka. (medanbisnis/zamharir rangkuti)

Panyabungan. Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Pertanian dan Peternakan sedang melakukan program pembangunan Jaringan Irigasi Desa (Jides) bagi para petani yang ada di daerah itu yang bersumber dari dana Refocusing Bansos Departemen Pertanian. Sejumlah petani penerima dana Refocusing Bansos Departemen Pertanian di Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal yang dijumpai, Kamis (25/6) mengatakan, diharapkan program Jides ini dapat meningkatkan hasil panen para petani.

“Saya melihat program ini sangat bermanfaat bagi para petani, di samping para petani yang tergabung dalam kelompok tani dapat berpenghasilan juga dapat meningkatkan hasil panen para petani nantinya,” ujar salah seorang Petani Miswar Nasution.

Lebih lanjut disampaikannya, memang sekarang ini belum melihat hasilnya secara langsung kepada para petani, karena Jides yang dibangun ini belum dimanfaatkan oleh masyarakat para petani mengingat sekarang ini sudah masuk pada musim pengeringan.

“Namun pada waktu mulai memasuki musim tanam yang akan datang ini, maka Jides ini sangat berguna untuk mengairi areal persawahan para patani. Dengan adanya Jides ini maka aliran air akan lebih bagus ke persawahan kita tidak seperti selama ini selalu tersumbat,” terangnya.

Baca Juga :  Plt Bupati Madina: 10 Ranperda untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat

Para petani mengaku berterimakasih kepada pemerintah yang telah bersusah payah mengupayakan dana dari instansi terkait, sehingga terlaksananya jaringan irigasi desa bagi para petani, karena yang mengerjakan petani dan penerima manfaatnyapun juga petani.

“Saya mewakili para petani yang ada meminta kepada pemerintah melalui Dinas Pertanian agar program ini dapat berkelanjutan, sehingga semua aliran air bagi para petani dapat berjalan dengan lancer, yang pada akhirnya swasembada pangan yang diperogramkan pemerintah dapat tercapai dengan baik,” harapnya.

Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Mandailing Natal Taufik Zulhendra Ritonga mengatakan, saat ini pihaknya bekerja sama dengan aparat Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan instansi terkait lainnya sedang melaksanakan program dari Departemen Pertanian berupa dana Refocusing Bansos yang diperuntukkan untuk perbaikan Jides bagi para petani.

“Kita bersama intansi terkait akan terus mengawasi pekerjaan Jides ini terutama dengan aparat TNI melalui para Babinsa di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal ini,” ujar Taufik.


ZAMHARIR EANGKUTI – MEDANBISINIS

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 5 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*