Piala Dunia 2014 Jadi Rekor Percakapan di Facebook Sepanjang Sejarah

Striker Brasil, Neymar, memberi tanggapan kepada para wartawan dalam jumpa pers di Sao Paulo, Brasil, pada 11 Juni 2014, menjelang laga perdana tuan rumah melawan Kroasia, Kamis (12/6).

SAN FRANSISCO, Facebook, Senin (30/6/2014), menyatakan bahwa Piala Dunia 2014 telah memecahkan rekor perbincangan terbanyak di situs media sosial ini sepanjang sejarah keberadaannya.

Lebih dari satu miliar komentar, posting, dan “suka” bertaburan di laman Facebook sepanjang Piala Dunia yang dimulai pada 12 Juni 2014 itu.

Menurut Facebook, percakapan soal Piala Dunia 2014 di laman perkawanan ini melibatkan tak kurang dari 220 juta orang di seluruh dunia. Jumlah ini disebut sebagai angka yang belum pernah tercatat sebelumnya untuk sebuah even.

Laga-laga penentuan yang berlangsung sepanjang akhir pekan, kata Facebook, turut mempercepat tertembusnya angka satu miliar interaksi di laman itu.

Facebook biasa melihat sejumlah besar percakapan sekitar acara olahraga, tapi Piala Dunia telah terbukti menjadi momen yang unik,” kata jaringan sosial dalam unggahan di blog-nya.

“Data editor Facebook tak pernah mendapatkan sebuah acara, baik olahraga maupun acara lain, yang melampaui satu miliar interaksi,” lanjut blog itu.

Laga Brasil-Cile

Facebook juga mencatat angka lebih dari 31 juta pengguna terlibat dalam 75 juta posting dan “suka” di laman media sosial ini, hanya untuk pertandingan antara Brasil dan Cile pada Sabtu (28/6/2014) malam waktu setempat.

Baca Juga :  Indonesia Pasar Terbesar Multiply

Aktivitas di Facebook terkait laga Brasil melawan Cile tersebut hanya terkalahkan oleh unggahan untuk laga perdana Piala Dunia 2014. Laga antara Brasil dan Kroasia pada 12 Juni 2014 tersebut telah menghasilkan 140 juta interaksi melibatkan 58 juta pengguna Facebook.

Menurut Facebook, pemain Brasil juga menjadi salah satu topik terhangat di laman media sosial yang berkantor pusat California, Amerika tersebut.

Foto yang menyandingkan tokoh kartun Hulk dengan Neymar da Silva Santor Junior, misalnya, telah menghasilkan tak kurang dari 2,5 juta “like” dan dibagikan lebih dari 70.000 kali selama Piala 2014 berlangsung 2,5 pekan terakhir.

Menurut Facebook, Neymar dan teman satu timnya, David Luiz, tercatat dalam setiap 12 dari 20 tulisan yang di-like selama Piala Dunia 2014.

Sumber: KOMPAS.com
CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 6 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*