PIALA FA – Mental Juara MU Muluskan Jalan

Manchester United (MU) kembali menunjukkan mental juaranya. Sempat tertinggal, MU berhasil mendulang kemenangan 2-1 atas Southampton pada pertandingan putaran keempat Piala FA di Stadion St Mary, Sabtu (29/1/2011), sekaligus lolos ke putaran kelima.

%name PIALA FA Mental Juara MU Muluskan Jalan
Gelandang Southampton, Richard Chaplow (kanan), merayakan gol ke gawang Manchester United, pada pertandingan Piala FA, Sabtu (29/1/2011).

MU tertinggal lebih dulu akibat gol gelandang Richard Champlow pada menit ke-45. Ia menaklukkan kiper Anders Lindegaard dengan memanfaatkan bola muntah hasil penguasaan bola yang tidak sempurna dari Jonny Evans.

MU kemudian berhasil menyamakan kedudukan saat pertandingan menginjak menit ke-65 melalui Michael Owen. Dari tengah kotak penalti, Owen menanduk bola muntah hasil tembakan Gabriel Obertan yang membentur pemain lawan.

Sepuluh menit kemudian, MU berbalik unggul berkat Javier “Chicharito” Hernandez. Dari tengah kotak penalti, ia menembakkan bola hasil penguasaan tidak sempurna Rocha Fonte.

Mengacu jalannya pertandingan, MU memang mendominasi penguasaan bola. Namun, mereka kesulitan membangun serangan sampai tuntas dengan eksekusi akibat permainan disiplin barisan belakang tuan rumah.

Meski begitu, MU juga sempat membahayakan gawang tuan rumah melalui Michael Owen, misalnya, pada menit ke-16. Saat itu, Owen menguasai bola di sektor kiri pertahanan Southampton. Ia kemudian melambungkan bola yang menyasar sudut kanan atas gawang, yang sayangnya hanya membentur tiang.

Sementara kesulitan membangun serangan efektif, barisan belakang MU juga kerap melakukan kesalahan membaca permainan dan mengantisipasi serbuan lawan. Akibatnya, mereka beberapa kali nyaris kebobolan.

Baca Juga :  Terlibat Politik Parktis Selama Pileg, DPRD Sidimpuan Rekomendasikan Sejumlah Lurah dan Kepling Dicopot

Pada menit ke-32, misalnya, Fabio salah mengantisipasi umpan tuan rumah sehingga bola dikuasai Chaplow yang kemudian menembakkan bola. Untungnya, eksekusi itu masih bisa diamankan Anders Lindegaard.

Fabio kemudian digantikan oleh Wes Brown pada awal babak kedua. Masuknya Brown berdampak pada perbaikan kualitas pertahanan, seperti tampak dari semakin jarangnya MU berada di bawah ancaman.

Di sisi lain, MU semakin tenang memainkan penguasaan bola. Perbaikan lini belakang membuat barisan depan bekerja lebih fokus dan percaya diri, setidaknya seperti ditunjukkan dengan dua gol balasan tersebut.

Selama 90 menit, MU menguasai bola sebanyak 48 persen dan melepaskan enam tembakan akurat dari 11 kali usaha. Adapun Southampton menciptakan enam peluang emas dari 13 kali percobaan.

Susunan pemain:
Southampton:
Bartosz Bialkowski; Danny Butterfield, Dan Harding, Daniel Seaborne, Jose Miguel da Rocha Fonte; Richard Chaplow (Oscar Gobern 84), Guilherme Do Prado (Dany N’Guessan 78), Morgan Schneiderlin, Alex Oxlade-Chamberlain; Richard Lambert, Lee Barnard (Ryan Dickson 73)
MU: Anders Lindegaard; John O’Shea, Jonathan Evans, Chris Smalling, Fabio Da Silva (Ryan Dickson 46); Paul Scholes, Darron Gibson (Ryan Giggs 58), Anderson (Nani 58); Michael Owen, Gabriel Obertan, Javier Hernandez
Wasit: Martin Atkinson

(kompas.com)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Rp 1 Triliun, Nilai Total Transfer Van Persie

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*