Pilgub Sumut Sepi Pemilih, Golput Naik

Liputan6.com, Medan : Hari ini adalah Pemilihan Gubernur Sumatera Utara. Masyarakat Sumut akan menentukan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan memimpin selama 5 tahun ke depan. 5 Pasangan cagub bertarung memerebutkan kursi nomor satu di Sumut.

Meski pada Kamis (7/3/2013) ini ditetapkan sebagai hari libur, tak banyak masyarakat yang menggunakan hak pilihnya. Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) tampak sepi. Salah satunya di TPS 31 Kelurahan Indera Kasih, Medan Tembung. Hingga siang ini banyak bangku masih kosong.

Sementara sejumlah ulama mendatangi kediaman Gubernur incumbent Gatot Pujo Nugroho untuk mendoakan kemenangannya pada Pilgub Sumut, Kamis (7/3/2013). Bersama istrinya, Gatot juga menyempatkan salat dhuha di masjid depan rumahnya. Bersama keluarganya, Gatot yang dijagokan dari Partai Keadilan Sejahtera ini menggunakan hak pilihnya. Gatot optimistis meraih suara secara signifikan.

Cagub nomor urut 1 itu juga mengawali hari Pilgub Sumut dengan makan dan doa bersama anak yatim di rumahnya. Ritual sungkem pada orangtua dilakoni Gus Irawan untuk melengkapi perjalanannya dalam pemilihan gubernur hari ini. Mengenakan batik warna warni, mantan Dirut Bank Sumut ini bersama keluarga juga memberikan hak pilihnya.

Pada Pilgub Sumut sebelumnya, jumlah masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih atau golput sekitar 35 persen. Beberapa lembaga survei memperkirakan angka golput akan lebih tinggi untuk pemilihan gubernur tahun ini.(Ais)

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 7 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.
Baca Juga :  Gubsu: Buta Aksara Sumut Turun 2,16 Persen

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*