Pilih Kepala Desa Berkualitas

Kamis, 05 November 2009 – www.metrosiantar.com

TAPSEL-METRO; Hari ini, Kamis (5/11) pemilihan kepala desa atau pilkades digelar serentak di 91 desa dari 10 kecamatan se-Kabupaten Tapanuli Selatan.Dijadwalkan, Muspida Plus Tapsel akan memantau pelaksanaan pilkades di Kecamatan Batang Angkola.

“Pilkades digelar serentak di 91 desa dari 10 kecamatan se-Tapsel hari ini, Kamis (5/11). Ayo ramai-ramai keTPS untuk menyalurkan hak suara,” kata kepala badan (Kaban) pemberdayaan masyarakat desa (PMD) Tapsel, Drs H Rustam Efendi Hasibuan MM, kepada METRO, Rabu (4/11), di sela-sela acara penyerahan dana PNPM kepada 12 UPK 12 kecamatan se-Tapsel, di Asrama Haji Sihitang, Kota Padangsidimpuan.

Kata Rustam, untuk menghindari terjadinya kecurangan-kecurangan dalam tahapan pilkades, maka setiap desa akan dipantau dengan 5 orang petugas dari PMD bekerjasama dengan SKPD lainnya. Pemantauan ini mulai dari pelaksanaan pilkades hingga penghitungan dan hasil penghitungan di antar ke PMD Tapsel.

Rustam menambahkan, Muspida Plus juga akan melakukan pemantauan pilkades di sejumlah desa di Kecamatan Batang Angkola, Kamis (5/11) hingga penghitungan suara. Muspida Plus Tapsel juga akan melakukan pemantauan ke beberapa desa di Kecamatan Batang Angkola saat pelaksanaan pilkades dan proses penghitungannya,” sebutnya.

Rustam berharap, kepada seluruh masyarakat untuk memberikan hak pilihnya karena tujuan dari pilkades ini adalah untuk mempercepat proses pembangunan di desa masing-masing dan juga untuk makin meningkatkan dan mengoptimalkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat dan juga dirinya berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kekondusifan selama pelaksanaan pilkades.

Baca Juga :  Bajing Loncat Beraksi di Aek Latong

“Dari sekitar 91 desa di 10 kecamatan, total Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 239 dengan jumlah kertas suara sebanyak 49.203 lembar suara sementara untuk kotak suara satu buah per TPS,” terangnya.

Setelah tahapan pilkades selesai dan hasil suara sudah dihitung oleh panitia pemilihan kepala desa di masing-masing desa, maka dua hari sesudahnya akan dilakukan perhitungan kembali di kantor PMD Tapsel.

Lalu, seminggu kemudian akan langsung dilakukan pelantikan kades terpilih, di mana dalam pilkades ini akan mengaplikasikan cara pemilihan di pemilihan calon legislatif dan presiden, yakni dengan menyontreng nama calon kades.

Hari ini, sebanyak 91 desa sedang dilangsungkan pilkades dari 215 desa yang ada di Tapsel setelah terjadinya penggabungan, sedangkan 55 desa lagi akan melaksanakan pilkades awal tahun 2010 sedangkan sisanya sekitar 61 desa masih kepala desa defenitif atau desanya tidak terkena penggabungan desa dan ada dua kecamatan yang tidak mengadakan pilkades, yakni di Kecamatan Angkola Selatan dan Muara Batang Toru.

Kecamatan yang akan melaksanakan pilkades yakni, Aek Bilah sebanyak 10 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 22 orang, Kecamatan Arse sebanyak 6 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 23 orang, Kecamatan Angkola Barat sebanyak 1 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 4 orang, Kecamatan Marancar sebanyak 9 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 31 orang, Kecamatan Angkola Timur sebanyak 8 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 26 orang, Kecamatan Batang Angkola sebanyak 9 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 24 orang, Kecamatan Batang Toru sebanyak 3 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 7 orang, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) sebanyak 8 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 19 orang, Kecamatan Sipirok sebanyak 19 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 62 orang dan Kecamatan Sayurmatinggi sebanyak 13 desa dengan cakades yang akan ikut tahapan pilkades sebanyak 38 orang. (phn)

Baca Juga :  Mahasiswa & Tukang Becak Demo Kantor Bupati

link: https://apakabarsidimpuan.com/2009/11/pilih-kepala-desa-berkualitas/

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*