PLN tempatkan pembangkit di Madina

MADINA – Manajemen PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menempatkan mesin pembangkit di kawasan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, untuk menaikkan tegangan listrik di daerah itu.

Menurut Dirut PLN, Dahlan Iskan pihaknya mendapatkan informasi jika sejumlah daerah di Kabupaten Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, dan wilayah berdekatan dengan perbatasan  Sumatera Utara dan Sumatera Barat kesulitan mendapatakan aliran listrik yang memadai. Rencana itu disampaikan Dirut PT PLN (Persero) Dahlan Iskan, hari ini di Jakarta.

Karena itu, pihaknya mengunjungi langsung ranting-ranting PLN di daerah tersebut untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. “Kami tanyakan apa saja kesulitan PLN dan keluhan masyatakat di sana,” katanya.

Dari kunjungan itu diketahui bahwa permasalahan listrik yang dialami masyarakat karena rendahnya tegangan listrik yang sampai ke rumah warga. Kondisi itu menyebabkan masyarakat sulit untuk menikmati layanan listrik, termasuk ketika ingin menghidupkan televisi. Setelah diteliti lebih jauh, rendahnya tegangan tersebut disebabkan lokasi gardu induk yang mengalirkan aliran listrik ke rumah warga sangat jauh.

“Gardu induk terlalu jauh, sekitar 300 Km. Kalau dikirim dari jarak jauh, tegangan listriknya jelek sekali sehingga menghidupkan televisi saja belum bisa,” kata Dahlan.

Karena itu, kata, pihaknya akan memperbaiki tegangan tersebut dengan menempatkan pembangkit listrik kecil di Natal dalam waktu dekat. “Tujuannya bukan menambah daya listrik, tetapi untuk menaikkan tegangan. Dengan demikian, tegangan di Mandailing Natal bisa lebih baik seperti di tempat lain,” katanya.

Baca Juga :  Pemko Padangsidimpuan Belum Pastikan kerjasama dengan PTN Mana, untuk Penerimaan CPNS

waspada.co.id

CATATAN : Artikel ini sudah dipublish sejak 11 tahun yang lalu. Informasi di dalamnya kemungkinan sudah tidak relavan dengan saat ini. Mohon dibaca dengan bijak, dengan melihat informasi terbaru/sumber-lain sebagai penyeimbang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*